Archives

  • Bahasa sebagai Sarana Komunikasi dan Penyaluran Emosi Anak
    Vol. 1 No. 2 (2019)

    Pada issue ini membahas tentang peran bahasa dalam komunikasi anak baik dalam penyaluran verbal dan juga emosi. Kemampuan berbahasa penting dimiliki oleh setiap anak juga guru, mengingat sosok guru adalah role model bagi anak sehingga segala tingkah bahasa guru menjadi teladan bagi anak didik. Selain sebagai sarana komunikasi, bahasa juga merupakan sarana untuk interaksi sosial. Sebagaimana kita pahami bersama, bahwa interaksi sosial adalah kebutuhan setiap manusia. Hasil-hasil penelitian dalam issue ini membuka kesempatan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian tentang rancangan metode pengembangan bahasa yang inovatif dan aplikatif di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Issue ini memberikan kontribusi bagi keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini khususnya pada aspek pengembangan bahasa. 

  • Pengembangan pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini
    Vol. 2 No. 2 (2020)

    Issue ini menjelaskan tentang metode-metode pengembangan kemampuan anak usia dini mulai dari nilai agama, nilai moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Selain itu, identifikasi masalah-masalah anak usia dini dibahas dalam issue ini sebagai asesmen sebelum implementasi sebuah metode pembelajaran. Pada issue ini membuka banyak kesempatan untuk penelitian selanjutnya dan juga memberi kontribusi dalam pengembangan ilmu Pendidikan Anak Usia Dini. 

  • Pemanfaatan Media Pembelajaran Inovatif
    Vol. 1 No. 1 (2019)

    Issue ini menjelaskan tentang pemanfaatan media pembelajaran baik dalam implementasi di pendidikan anak usia dini maupun pada siswa di sekolah dasar. Media-media pembelajaran inovatif terbukti mampu menarik minat peserta didik dalam belajar. Inovasi-inovasi ini memberikan kontribusi dalam mendukung proses pembelajaran agar menarik dan efektif. Hasil-hasil penelitian pada issue ini membuka kesempatan bagi penelitian selanjutnya untuk mengembangkan media pembelajaran yang ada dengan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Artikel-artikel dalam issue ini memiliki kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran untuk anak didik baik di PAUD maupun Sekolah Dasar. 

  • Spiritualitas pada Anak Usia Dini
    Vol. 2 No. 1 (2020)

    Pada issue ini membahas tentang spiritualitas pada anak usia dini. Ditinjau dari definisinya, spiritual bukan hanya relasi antara manusia dengan Tuhan, melainkan juga dengan manusia lainnya. Begitupula pada anak usia dini, spiritualitas penting ditanamkan agar kelak mampu menjadi pribadi yang spiritual, terkoneksi dengan alam, serta memiliki kematangan emosional yang baik sehingga terhindar dari perilaku maladaptif. Hasil-hasil penelitian dalam issue ini membuka peluang penelitian-penelitian selanjutnya dalam mengembangkan metode-metode pembelajaran inovatif untuk mengembangkan kemampuan spiritual pada anak usia dini. Kontribusi issue ini tampak dalam menambah pengetahuan tentang isu-isu spiritualitas pada anak usia dini dan juga pengetahuan tentang metode pengembangannya dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini.