Main Article Content

Meliana Sari

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman guru terhadap pentingnya pendidikan seks pada anak usia dini, karena kebanyakan guru masih menganggap tabuakan pendidikan seks pada anak dan juga menganggap belum saatnya untuk dikenalkan pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru dalam mengenalkan pendidikan seks kepada anak usia dini di TK Kurnia Illahi Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif field researchdengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya guru memahami dan menguasai cara pengenalan pendidikan seks kepada anak namun guru tidak melaksanakannya


ABSTRACT : This research is motivated by the still low understanding of teachers on the importance of sex education in early childhood, most teachers still consider sex education in children and also consider it is not the time to be introduced to teachers. The purpose of this study was to determine the way teachers introduce sex education to early childhood in TK Kurnia Illahi, Rambat District, Tanah Datar District. This type of research is a qualitative field research using interview, observation and documentation. The results showed that the teacher understood and mastered the introduction of sex education to children but the teacher did not implement it.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, M. (2020). Cara Guru Dalam Pengenalan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di TK Kurnia Illahi Kecamatan Rambatan. Child Education Journal, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1531
Section
Articles
Pendidikan Seks, Guru, Anak Usia Dini

References

Febritesna, N. 2015. Mengenalkan Pendidikan Seks Menggunakan Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Hadiarni. 2018. Modul Layanan Konseling Untuk Anak Usia Dini. Batusangkar

Hestutyani, P. S. 2015. Pola Komunikasi Antara Guru Dan Murid Dalam Menyampaikan Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 13 (3)

Mahmud dkk. 2013. Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia.

Nainggolan, L.H. 2008. Bentuk-Bentuk Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dibawah Umur. Jurnal Equality Vol.13 (1)

Nhimas, A. P. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Oleh Orangtua Dan Guru Di Tk Pamekar Budi Demak. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana

Rany Safita. 2014. Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Pada Anak. Vol 4

Romdloni. 2017. Tinjauan Islam Terhadap Peran Orang tua dalam Memberikan Pendidikan Seks Bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam Al I'tibar, Vol. 3 (1)

Roqib, M. 2008.Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Jurnal pemikiran Alternatif pendidikan.Vol. 13 (2)

Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Gafika

Yuninda, T. N. 2017. Psikologi Seksual Anak (Perkembangan, Perilaku, Dan Pendidikan Seksual). Bukit tinggi.

Zahrotul, U. 2013. Peran Orangtua Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi, skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zubaiah, S. 2016. Pendidikan Seks Pada Anak Usia Di Taman Kanak-Kanak (TK) Islam. Jurnal Pendidikan Anak Vol 2. Yogyakarta

Meliana Sari, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar

Most read articles by the same author(s)