Strategi Pemanfaatan Aplikasi Kids Center untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Kelompok A di Lingkungan Keluarga
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK : Kreatifitas merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan individu. Berbagai jenis rangsangan dapat diberikan untuk menumbuhkan kreatifitas anak. Rangsangan yang diberikan masih terbatas pada lingkungan tertentu yakni lingkungan sekolah, sedangkan pada lingkungan keluarga masih minim. Kids center merupakan salah satu permainan yang dapat merangsang anak berkreasi, sehingga dimanapun anak dapat bermain secara kreatif. Permainan kids center diuji cobakan pada lingkungan keluarga menggunakan desain eksperimen pre test-post test one group design. Hasilnya dianalisis menggunakan uji-t dan uji pihak kiri. Nilai dari uji t menunjukkan bahwa 0.00 < 0.05 hal ini menunjukkan ada perbedaan pre test dan post test. Hasil Uji pihak kiri menunjukkan rata-rata pre test sebesar 59% < 91 % maka dapat disimpulkan ada perkembangan kreatifitas.
ABSTRACT : Creativity is one of the competencies needed by individuals. Various types of stimuli can be given to grow children's creativity. The stimulation given is still limited to certain environments, namely the school environment, while in the family environment is still minimal. Kids center is one game that can stimulate children to be creative, so that wherever children can play creatively. Kids center games were tested on the family environment using an experimental design pre test-post test one group design. The results were analyzed using t-test and left-hand test. The value of the t test shows that 0.00 <0.05 this indicates there is a difference in the pre test andpost test. The left hand test results show that the average pre test is 59% <91%, so it can be concluded that there is a development of creativity.
Downloads
Article Details
Copyright (c) 2019 Allan Firman Jaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Catron, Carol E. & Allen, Jan (1999). Early Childhood Curriculum A creative-Play Modell. New Jersey: Prentice-Hall.
Depdiknas (2003) Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Heinich, Robert, Michael Molenda, James D. Russel, (1982) Instructional Media: and the New Technology of Instruction, New York: Jonh Wily and Sons.
Mayke,S.Tedjasaputra, (2001). Bermain, Mainan, dan Permaninan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Sujiono,Y. (2013). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks
Susanto Ahmad, (2014), Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Utami Munandar, (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta
W. Santrock, (2002), John, Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup), Alih bahasa oleh Ahmad Chusairi, Jakarta: Penerbit Erlangga