Main Article Content

Milda Mabruroh

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learningpada mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan desain One Group Pre-test Post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes yang berupa pre-test dan post-test. Validasi penelitian ini adalah validator pakar dan dengan menggunakan perhitungan SPSS. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametric dengan analisis uji wilcoxon matched pair. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil output “Test Statistics”0.000 <0.05, dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai pretest dan posttest dan ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya


ABSTRACT : The research aim was to determine the influence of Project Based Learning Models On Students’ Critical Thinking Skills of Sixth Grade Elementary School Student on science subjects at Elementary School VI Margorejo. This type of research is descriptive quantitative with experimental methods and the design of One Group Pre-test and Post-test. The subject of this research was the student members of Class VI at Elementary School VI Margorejo, Surabaya. The techniques carried out to support my research using data collection, observations, questionnaires and tests in the form of pre-test and post-test. Validation of this research is expert validator and using SPSS calculation. Analysis data used is a non-parametric statistical test with Wilcoxon "matched pair. The results of this study indicate that the output of the "Test Statistics" 0.000 <0.05, it can be concluded that the hypothesis 1 (H1) is accepted, which means there is a difference in the value of the pre-test and post-test and there is big influence from this project on students' critical thinking abilities of Sixth Grade Elementary School VI Margorejo Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mabruroh, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Child Education Journal, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.879
Section
Articles
Model Pembelajaran Project Based Learning, Berfikir Kritis

References

Al-Tabany, T. I. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia.

Daryanto, & Syaiful, K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Ergül, N. R., & Kargınb, E. K. (2014). The Effect Of Project Based Learning On Students’ Science. Procedia - Social and Behavioral Sciences 136 ( 2014 ) 537 – 541.

Jamaludin, D. N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Pada Materi Tumbuhan Biji. GENETIKA (Jurnal Tadris Biologi) Vol.1 No.1 2017.

Karim, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama . Edumat jurnal Pendidikan Matematika, volume 3 No. 1, April 2015.92-104.

Kemendikbud. (2016). Peremendikbud Nomor 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Maolani, R. A., & Cahyana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: RAJAGRAFINDO PERSADA.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. jogjakarta: Mitra Cendikia.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran . Yogyakarta: Dua Satria Offet.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sagala, H. S. (2008). Silabus Sebagai Landasan Pelaksanaan dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru Yang Profesional. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED Vol. 5 NO. 1 Juni 2008.

Sriyono, Trinugroho, E., SW, E., & Harnanto, A. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran . Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistyanto, H., & Wiyono, E. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI KElas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widyantari, N. W., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Volume: 3 No: 1 Tahun 2015.

Milda Mabruroh, Mahasiswa UNUSA