Respon Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Daring
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini terfokus pada mata kuliah Penulisan Naskah AUD yang dilakukan lewat daring vinesa. Vinesa adalah singkatan dari Virtual LearningUniversitas Negeri Surabaya. Vinesa merupakan situs resmi pembelajaran daring yang dikembangkan oleh Universitas Negeri Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa sebelum dan sesudah mengikuti perkuliahan secara daring, terutama terkait efektif dan efesiensi mata kuliah daring serta tanggung jawab mahasiswa dalam mengerjakan tugas melalui daring. Pelaksanan kegiatan daring ini hanya dilakukan selama 4 x pertemuan dan 12 x pertemuan dilakukan secara tatap muka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angketgoogle formdan dilanjutkan dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Diperoleh hasil bahwa bahwapembelajaran daring cukup efektif dan efesien untuk menggantikan perkuliahan secara tatap muka. Pembelajaran daring meningkatkan semangat dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas secara on time pada mata kuliah penulisan naskah AUD. Pembelajaran daring dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan efektif dan efesiensi pertemuan antara dosen dengan mahasiswa.
ABSTRACT : This research is focused on the AUD Script Writing course which is conducted online on vinesa. Vinesa is an abbreviation of Virtual Learning at Surabaya State University and Vinesa is an official online learning site developed by Surabaya State University. The purpose of this study is to determine the response of students before and after attending lectures online, especially related to the effectiveness and efficiency of online courses and the responsibilities of students in doing assignments online. This online activity is only carried out for 4 x meetings and 12 x meetings conducted face to face. This research uses quantitative methods. Data collection techniques were carried out through a Google form questionnaire and continued with quantitative descriptive data analysis. From the results of the data and discussion obtained findings that online learning is quite effective and efficient to replace lectures face to face. In addition online learning increases the enthusiasm and responsibility of doing assignments on time. Online learning can be used as an alternative to overcome the effective and efficient problems of meetings between lecturers and students.
Downloads
Article Details
Copyright (c) 2020 Sri Widayati, Nurul Hotimah, Nur Ika Sari Rakhmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asri, B., (2004). Karakteristik siswa. Bahan Ajar Kuliah. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Yogyakarta.
Ayu, R. F. K., Puspita, S. S., & Fitriyah, F. K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Daerah Melalui Cerita Rakyat Digital Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Pengembangan. Child Education Journal, 1(2): 65-72.
Balitbang (2013). Kemampuan Siswa Dapat ditingkatkan dengan Mengubah Metode Pangajaran (online). Balitbang
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative and Mixed Methods Approaches (4 Edition). London: Sage.
Dina M. T. (2014). Model pengembangan Kemampuan Dosen dan Guru dalam Merancang Sumberdaya Pembelajaran Terbuka Daring. (online Open Educational Resources/Program/Coursew are).
Dewi, L. (2017). Rancangan Program Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Mata Kuliah Kurikulum Pem-Belajaran Di Universitas Pendidikan Indonesia. Edutech, 16(2): 205. https://doi.org/10.17509/e.v16i2.7616
Harmanto. (2001). Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Penelitian dengan Menggunakan World Wide Web Universitas Negeri Malang. Malang: UNM
Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive and Fun Education Seminar: 586–588.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1): 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
Mulyatingsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Republik Indonesia.(2016). Undang-undang Dasar Republik Indonesia. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 (4th ed). Jakarta: Sinar Grafika.
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. J+Plus Unesa, 6(2): 1–12.
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1): 1–12. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834/
Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2): 148–158. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2): 30–38.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantatif Kulaitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.ode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Yuhdi, A., & Amalia, N. (2018). Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan PortalSchoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Basastra, 7(1), 14. https://doi.org/10.24114/bss.v7i1.9320