Kegiatan Meremas Koran Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini

Authors

  • Anik Lestariningrum PG-PAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Isfauzi Hadi Nugroho Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Agustia Budiarti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1617

Keywords:

Meremas Koran, Motorik Halus, Anak Usia Dini

Abstract

ABSTRAK : Permasalahan yang terjadi dalam pengembangan kemampuan pada anak usia dini terkait kemampuan motorik halus  anak terkait  koordinasi jari tangan dalam kaitannyan dengan kelenturan jari tangan menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam menggengam alat tulis serta alat makan. Untuk membantu permasalahan tersebut kegiatan bermain meremas  koran menjadi alternatif solusi pembelajarannya.    Pemanfaatkan koran bekas sebagai alternatif akan menstimulasi perkembangan motorik halus . Tujuan dari penelitian untuk memaparkan  kegiatan bermain meremas koran untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak. Desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik penilaian observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Ceria Desa Kudu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 10 siswa, dari hasil penelitian diperoleh data sebanyak 8 anak mendapat predikat berkembang  sangat baik, dan 2 anak mendapat predikat mulai berkembang. Hasil penelitian ini direkomendasikan supaya kegiatan bermain meremas koran dikembangkan untuk aspek lain supaya seluruh aspek bisa berkembang dengan kegiatan beragam dan menarik.

ABSTRACT : Problems that occur in developing abilities in early childhood are related to children's fine motor skills related to finger coordination in relation to finger flexibility which causes children to experience difficulty in holding stationery and eating utensils. To help with this problem, playing squeezing newspapers is analternative learning solution. Using old newspapers as an alternative will stimulate fine motor development. The purpose of this research is to describe the activity of playing squeezing newspapers to develop fine motor skills in children. Descriptive qualitative research design with assessment techniques,observation and documentation. The research instrument used was the observation and interview guidelines which were analyzed descriptively by the analysis of the Miles and Hubermen model. The subjects of this study were 10 children of the Cheerful Play Group in Kudu Village, Kertosono District, Nganjuk Regency. The results showed that 8 children received the predicate of developing very well, and 2 children received the title of starting to develop. The conclusion in this study is the activity of squeezing newspapers can develop the motor skills of early childhood.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiana.T, & Lestariningrum. A, (2015). Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Dalam Bekerjasama Pada Anak Didik Kelompok B2 Di TK Kreatif Zaid Bin Tsabit kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Jurnal Pinus, Vol.1, No.3 Oktober 2015. ISSN 2442-9163

Andini, Puspa. P., Lestariningrum, A. (2018). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini: Sebuah Kajian Teori dan Praktik. Nganjuk: Penerbit Adjiemedianusantara. ISBN: 978-602-5605-23-9

Beaty, Janice. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Claudia. S, Widiastuti . A.A & Kurniawan. M, (2018). Origami Game For Improving Fine Motor Skills for children 4-5 Years Old In Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 2 Issue 2 (2018) pages 143-148.

Fulanatin, & Simatupang. N. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meremas kertas pada Anak Usia 3-4 Tahun. Artikel Unesa Online diakses Maret 2020.

Hurlock.E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: PT Aksara Pratama

Jannah. R.A., Lestariningrum. A. (2018). Peningkatan Kemamapuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Injak Ekor. Journal of Early Childhood care & Education (JECCE) Vol.1, No.1 Maret 2018

Lismadiana. ( 2015). Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Dosen Jurusan Pendidikan Kepelatihan FIK-UNY. Online: diakses Maret 2020.

Lestariningrum. A. (2019). Pengaruh Senam bebek Berenang Terhadap kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Efektor Vol.6 Issue 1, 2019 Pages 1-6.

Michigan state University, (2016) . Building fine motor skills and why it matters. https://www.canr.msu.edu/news/building_fine_motor_skills_and_why_it_matters

Sartika, Y. (2013). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui meremas Adonan Pada Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol.1 Nomor.1 Januari 2013.

Santrock, J.W. (2002). Life-span Development Perkembangan Masa Hidup Edisi Kelima. Jakarta: penerbit Erlangga

Yunia, H.,Sumarsih & Wembrayarli, (2017). Meningkatkan keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membentuk Dengan Menggunakan Media Spons Di PAUD Assalam Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2017. Vol.2 (2), 107-116.

Published

2020-08-27

How to Cite

Lestariningrum, A., Isfauzi Hadi Nugroho, & Agustia Budiarti. (2020). Kegiatan Meremas Koran Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 106-113. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1617