Main Article Content

Sri Widayati Kartika Rinakit Adhe Faradian Nafisa Ela Faiza Silvia

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menggunting anak yang masih perlu ditingkatkan sehinggapeneliti memberikan tahapan menggunting dalam proses meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan tahapan mengunting yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 22 anak di TK Dharma Wanita Persatuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa tahapan menggunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada siklus I sebesar 81,8% meningkat menjadi 86,4% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tahapan menggunting mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak.


ABSTRACT : This research is motivated by the fine motor ability children who still need to be improved so that researchers provide stages of cutting in the process of improving children's fine motor skills. The purpose of this study is to improve children's fine motor skills with the right stages of cutting. This research is a class action research. This class action research was carried out in two cycles. The sample in this study was group A children totaling 22 children in TK Dharma Wanita Persatuan. Data collection techniques used are observation and documentation. Based on the results of data analysis, it was found that the cutting stage could increase the fine motor skills of children in the first cycle by 81.8%, increasing to 86.4% in the second cycle. These results indicate that the cutting stage can improve children's fine motor skills.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widayati, S. ., Adhe, K. R., Nafisa, F. ., & Silvia, E. F. (2019). Tahapan Menggunting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 1(2), 50–57. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1402
Section
Articles
Tahapan Menggunting, Motorik Halus

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Clarissa, 2018.The Best Scissors to Introduce to Preschoolers.Munchkins and Moms (Online).(http://munchkinsandmoms.com/the-best-scissors-to-introduce-to/diakses 09 Mei 2018).

Firmanjaya.A.(2019).Strategi Pemanfaatan Aplikasi Kids Center untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Kelompok A di Lingkungan Keluarga.Child Education Journal, 1(1),7.https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.1018

Folio M, RR F. (2000).Peabody Developmental Motor Scales, (PDMS-2). 5th e.Los Angeles: Western Psychological Service.Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak UsiaDini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.Levin,

Vanessa. (2017). How to Teach Scissors Cutting Skills. Pre-K Pages (Online).(https://www.pre-kpages.com/teach-scissor-cutting-skills/diakses 09 Mei 2018).

Lorina. (2015). Fine Motor Development for Preschoolers 4-5 Years Olds. Aussie Childcare Network (Online).(https://aussiechildcarenetwork.com.au/articles/child-development/ fine-motor-development-for-preschoolers-4-5-year-olds. diakses 27 April 2018).

MOHONEY s, Msrkwell A. (2004).Developing Scissors Skills-A Guide for Parents & Teachers.Dunmow: Peta (UK) ltd.

Nafisa. 2018. Pengaruh Tahapan Menggunting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Tk Dharma Wanita Persatuan Randuagung Gresik. Vol.7, No.3.Pamadhi, Hajar. 2010. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 Tahun 2014.Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.Rigg,

Diana. (2011). Developping Cutting Skills.PLD Learning Resource (Online).(https://www.healthygc.com.au/MedicareLocal/media/Site-Pages Content/Nurse/Scissor_ Cutting_Skills.pdfdiakses 15 Mei 2018).

Samsudin.(2008). Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Prenada Media Group.Santrock, W John. (2011). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanik.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional.

Suratno. (2005). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Wardani, Ilfi Rahmi.(2017).Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Bermain Menggunakan Media Plastisin Di Kelompok B Tk Al –Ulya Rajabasa Bandar Lampung.Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Zachry, Anne. (2018). Teaching Preschoolers to Use Scissors. Parents Magazine (Online).(https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/physical/teaching-preschoolers-to-use-scissors/diakses 27 April 2014).

Sri Widayati, Universitas Negeri Surabaya

Kartika Rinakit Adhe, Universitas Negeri Surabaya

Faradian Nafisa, Universitas Negeri Surabaya

Ela Faiza Silvia, Universitas Negeri Surabaya