Main Article Content

Fatma Babag Coring Nafiah

Abstract

ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah Untuk Untuk mengalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kurikulum Cambridge sebelum diberikan multimedia. Untuk mengalisis hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kurikulum Cambridge setelah diberikan multimedia.Untuk menguji ada tidaknya pengaruh multimedia terhadap hasil belajar siswa.Transformasi pembelajaran dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dapat memudahkan guru untuk menyampaikan materi dan menambah minat belajar pada siswa, sehingga siswa dapat aktif dalam belajar secara mandiri baik di rumah maupun di sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimental design. Dimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kurikulum Cambridge melalui multimedia. lokasi penelitian inidilakukan di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jalan Ahmad Yani no.2-4 Wonokromo Surabaya. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV-D sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 14 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode yang digunakan untuk proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes (pre-test dan posttest). Teknik Analisis Data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Prasyarat Analisis dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) t hitung = -1.096 < t tabel 1.711 dengan nilai signifikan 0.284 < 0.05 sehingga H0yang diterima danH1 yang ditolak hasil belajar siswa belum berkembang sebelum menggunakanmultimedia. (2) t hitung = 4.949 < t tabel 1.711 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 sehingga H0yang ditolak danH1 yang diterimahasil belajar siswa sudah berkembang setelah menggunakan multimedia. (3) t hitung = -8.729 < t tabel 1.711 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05 sehingga H0yang ditolak danH1 yang diterimaada pengaruh menggunakan multimedia terhadap hasil belajar siswa.


ABSTRACT : The purpose of this research was to analyze student learning outcomes in subject such as the Cambridge curriculum before being given multimedia, to analyze student learning outcomes in subject such as the Cambridge curriculum after being given multimedia, to test there are actions of multimedia influence on students learning outcomes. Transformation of learning by using the advancement of information and communication technology, can facilitate teachers to deliver material and increase learning interest in students, so that students can be active in learning independently both at home and at school. The method used in this study is quatitative with pre-experimental design research methods. The location of this study was conducted at the Khadijah Elementary School in Surabaya. Jalan Ahmad Yani No.2-4 Wonokromo Surabaya. The Subject of this research is Grade IV-D as many as 25 students consisting of 14 boys dan 11 girls. The method used for the data collection process in this study test (pre-test and post-test). Data Analysis Techniques used in this study are prerequisite test for analysis and hypothesis testing. The results of the study can be concluded that: (1) t count = -1.096 < t Tabel 1.711 with a significant value of 0.284 < 0.005 so that H0 is accepted and H1 which is rejected by students learing outcomes has not developed before using multimedia. (2) t count = 4.949 < t Tabel 1.711 with a significant value of 0.000 < 0.005 so that H0 is rejected and H1 recieved by students learing outcomes has developed after using multimedia. (3) t count = -8.729 < t Tabel 1.711 with a significant value of 0.000 < 0.005 so that H0 rejected is and H1 which is accepted there is the effect of using multimedia on student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Coring, F. B., & Nafiah. (2019). Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Cambridge Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Child Education Journal, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.863
Section
Articles
Multimedia, Curriculum Cambridge, Learning Outcomes

References

Arikunto, Suharsini. (2013). Dsar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara.

Ekawarna. (2013). Peneletian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: GP Press Group.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Karya.

Slameto, Drs. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soyomuki,Nurani. (2017). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Post Modern.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Subandijah. (1996). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum.Jakarta: PT Raja Grafino Persada.

Sudata, Wawan. (2009). Desain Mulimedia Pembelajaran. Singarjaya: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2003). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta:Prenada Media Group.

Yamin. (2007). “Metode pembekajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar”. Pesona Dasar. Volume 1, Nomor 5 (hal. 82-97) jurnal.unsyiah.ac.iddiakses pada 31 Oktober 2018