Main Article Content

Yesi Karela Veny Iswantiningtyas Epritha Kurniawati

Abstract

ABSTRAK : Motorik halus merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Di sisi lain, permainan montase memiliki daya tarik untuk dimasukkan kedalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji implementasi kegiatan montase dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyeknya  anak kelompok bermain PKK Pamongan II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri pada semester II tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 18 anak didik yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Untuk menggumpulkan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi. Penelitian ini masih sampai pada tahap perencanaan yaitu menyusun RPPM, RPPH, lembar penilaian motorik halus. Semua perangkat tersebut sudah divalidasi oleh ahli dan dinyatakan layak digunakan untuk mengembangkan motorik halus. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk menggunakan rangcangan kegiatan montase ini sebagai sebuah rancangan untuk penelitian eksperimen.


ABSTRACT : Fine motor skills are abilities that need to be developed in early childhood. On the other hand, montage games have an attraction to be included in the learning process. The purpose of this study was to examine the implementation of montage activities in developing fine motor skills in early childhood. This research method uses classroom action research with the subjects of the PKK Pamongan II playgroup, Mojo District, Kediri Regency in the second semester of the 2019/2020 academic year, totaling 18 students consisting of 7 girls and 11 boys. To collect data in this study using documentation and observation. This research is still at the planning stage, namely compiling RPPM, RPPH, fine motor assessment sheets. All of these tools have been validated by experts and declared fit for use to develop fine motor skills. The recommendation for experimental research.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Karela, Y., Iswantiningtyas, V., & Kurniawati, E. (2020). Kegiatan Montase Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Halus di Kelompok Bermain. Child Education Journal, 2(2), 92–97. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1648
Section
Articles
Montase, Motorik Halus, Anak, Kelompok Bermain

References

Andini, Nofika S dan Hasibuan, Rachma. 2016. Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai. Volume 05 Nomor 03 Tahun 2016, 20-24.

Dadan, Suryana dan Mukminin, M Amirul. 2019. Pengaruh Montase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Assyofa Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai Halaman 1619-1626Volume 3 Nomor 6 Tahun 2019

Fauziddin, Muhannad. 2018. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of SECE (Studies in Early Chilhooh Education). Vol. 1 No. 1. Hal. 1-12.

Iswantiningtyas, Veny. 2018. Pengaruh Percobaan Sains Lukisan Lilin terhadap Kedisiplinan Anak. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education). 5 (2) 14-20. Madiun : Universitas PGRI Madiun-PG-PAUD.

Kartini Kartono. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung : CV Mandar Maju.

Muharrar, S dan Verayanti, S. 2013. Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Semarang: Erlangga.

Nurfaizah dan Mangiri, Herry S. 2018. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Pembelajaran Menggambar Menggunakan Program Paint Pada Anak Kelompok A Di TKNegeri Pembina Semarang. Journal of SECE (Studies in Early Chilhooh Education). Vol. 1 No. 1. Hal. 13-21.

Sumantri. 2005. Model Pengebangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Tanto, Dwi O dan Sufyana, Aulia H. 2020. Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.4 Issue 2 Hal. 575-587

Yesi Karela, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Veny Iswantiningtyas, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Epritha Kurniawati, Universitas Nusantara PGRI Kediri