Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini

Authors

  • Mardi Fitri PPs UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1591

Keywords:

Motivasi, Anak Usia Dini, Pendidikan, Emergency Remote Learning

Abstract

ABSTRAK : Kepesatan perkembangan teknologi berdampak pada sitem pembelajaran termasuk pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emergency remote learning terhadap motivasi belajar anak usia dini. Metode penelitian menggunakan penelitian kajian literatur. Berbagai literatur tentang pembelajaran daring dihimpun dalam penelitian ini. Temuan penilitian ini yaitu, pembelajaran daring sebenarnya  dapat  membangkitkan motivasi  belajar  anak  dengan  syarat adanya dukungan dari orangtua dan pendidik, pemanfaatan media seperti  zoom  dan  lainnya  diperlukan untuk membuat pembelajaran agar lebih menarik dan pemanfaatan teknologi belajar  dalam  pendidikan  tidak  dapat  dilepaskan,  maka  perlu  adaptasi antara orangtua, peserta didik dan pendidik dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengetahuan tentang dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar anak usia dini. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah agar melakukan penelitian eksperimen dan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui dampak langsung dari pembelajaran daring.

ABSTRACT : The rapidity of technological development has an impact on the learning system, including early childhood. This study aims to determine the effect of emergency remote learning on early childhood learning motivation. The research method used literature review research. Various literatures on online learning were collected in this study. The findings of this study are, first, online learning can actually arouse children's learning motivation on the condition that there is support from parents and educators. Second, the use of media such as zoom and others is needed to make learning more interesting. Third, the use of learning technology in education cannot be separated, it is necessary to adapt between parents, students and educators in online learning. The results of this study contribute to knowledge about the impact of online learning on early childhood learning motivation. The recommendation for further research is to carry out experimental research and classroom action research to determine the direct impact of online learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, F., Oganda, F. P., Lutfiani, N., & Harahap, E. P. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Menggunakan Education Smart Courses. Technomedia Journal, 5(1), 40–53. https://doi.org/10.33050/tmj.v5i1.1315

Ayu, R. F. K., Sari, S. P., Setiawan, B. Y., & Fitriyah, F. K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Daerah Melalui Cerita Rakyat Digital pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pengembangan. Child Education Journal, 1(2), 65-72. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1356

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Basri, H. (2013). Landasan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Bensalem, E. (2018). The Impact of WhatsApp on EFL students’ Vocabulary Learning. Arab World English Journal, 9(1), 23–38. https://doi.org/10.24093/awej/vol9no1.2

Darmalaksana, W., Hambali, R., Yuli, A., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 1–12.

Dewi, A. F. D. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Diningrat, S. W. M. (2019). Desain Model Pembelajaran Online Sebagai Upaya Memfasilitasi Belajar Di Tempat Kerja. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 17–24. https://doi.org/10.33830/ptjj.v20i1.333.2019

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 1-10

Macmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Penerbit Selaras

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mastuti, R., Maulana, S., Iqbal, M., Faried, A. I., Arpan., Hasibuan, A. F. H., Wirapraja, A., dkk. (2020). Teaching From Home Dari Belajar Merdeka Menuju Merdeka Belajar. Semarang: Yayasan Kita Menulis.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious ( Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117–125.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda Karya.

Mushlih, A. R., Insiyah, M., Muzdalifah., Uminar, A. N., Imami, F., Maula, I., Parapat, A., dkk. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD. Jakarta: Penerbit Mangku Bumi.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60. Retrieved from https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Riyana, C. (2013). Modul 1 Konsep Pembelajaran Online. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/TPEN4401-M1.pdf

Rumengan, I. M., Lumenta, A. S. M., & Sary. D. E. P. (2019). Pembelajaran Daring Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 303–312. https://doi.org/10.35793/jti.14.3.2019.24147

Sanjaya, R. (2020). 21 Reflesi Pembelajaran Daring Di Masa Darurat. Semarang: SCU Knowledge Media.

Suhatono, I. (2015). Metode Penelitian Sosial Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyono, H. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513–521. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/9144

Widiyani, R. (2020, Maret 18). Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4943950/latar-belakang-virus-corona-perkembangan-hingga-isu-terkini

Widayati, S., Hotimah, N., & Rakhmawati, N. I. S. (2020). Respon Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Daring. Child Education Journal, 2(1), 48-52. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1506.

World Health Organization (WHO). (2019). Coronavirus disease (COVID-19) pandemic. Retrieved from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019?gclid=Cj0KCQjwz4z3BRCgARIsAES_OVfnt5VBTlOJdgpVD72og8a2syDC3zKSNrDCvQTbm2-panWq0JjqfAEaAojUEALw_wcB

Published

2020-08-27

How to Cite

Fitri, M. (2020). Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 68-82. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1591