Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo

Authors

  • Viva Aprilya Khasana Universitas wijaya kusuma surabaya
  • Heri Setiyawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Noviana Desiningrum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1590

Keywords:

Media Pembelajaran, Instagram, Hasil Belajar Siswa

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan kecanggihan teknologi di era globalisasi sebagai media pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti membuat inovasi untuk menggunakan aplikasi instagram pada proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi Instagram terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Berdasarkan dari hasil dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa adanya pengaruh penggunaan aplikasi instagram terhadap hasil belajar siwa kelas V Mata Pelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Hal tersebut dilihat dari hasil uji independent t-test yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2- tailled) ≤ 0,05 yang bernilai 0,017 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

ABSTRACT : This research is based on the rapid development of information technology that can be used in learning. The purpose of this study was to determine the effect of the Instagram application on the learning outcomes of fifth grade students in Mathematics in the material of Space Volume at SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. This type of research is experimental research. The research design used is Quasi Experimental or quasi-experimental. The population used in this studyis class V at SDN Bakung Temenggungan. The sample used in this study is nonprability sampling, namely class A as many as 20 students and class B 20 students. The data collection technique was carried out in three stages, namely pretest, treatment, and post test. The data analysis technique used the normality test, homogeneity test and t test. The conclusion of this research is the influence of the Instagram application on the learning outcomes of fifth grade students in mathematics subject matter volume building space at SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Recommendations for further research are to use the Instagram application as a learning medium for both mathematics and other subjects

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Almira. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik. Vol. VI No.01.

Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Desiningrum, Noviana dkk. 2017. Teknologi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Fitrianingtyas, Anggraini. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 2. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol. 6. No. 6.

Hasratuddin. 2013. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Paradikma. Vol. 6 Nomor 2.

Khairuni, Nisa. 2016. Dampak Dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Ahlak Anak. Jurnal Edukasi. Vol. 2 Nomor 1.

Kurniasih, Ranti. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Fase Belajar Model Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Silogisme. Vol 2 No. 2.

Mahendra, Bimo. 2017. Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi. Vol. 16 No. 01.

Mandja, Melani. 2016. Penggunaan Aplikasi Instagram Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar SisWa Kelas VIII A Di SMP Pantekosta Magelang Mengenai Materi Matematika Tentang Faktorisasi Bentuk Aljabar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta :Universitas Sanata dharma.

Mukhlisin, Muhammad. 2016. Peninhgkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Penggunaan Media Tiga Dimensi Pada Siswa Kelas V SDN Tlogoadi Mlati Sleman. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta : universitas Negeri Yogyakarta.

Najichun, Mohammad. 2016. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Guru Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pskologi Undip. Vol. 15 No. 2.

Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: Wade Group.

Sulistyanto, Wakit. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kraton Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. Vol. II No. 2.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Widayanti, Lina dan Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Fisika Indonesia. Vol. XVII No. 49.

Published

2020-08-27

How to Cite

Khasana, V. A., Setiyawan, H., & Desiningrum, N. (2020). Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Child Education Journal, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1590