Penilaian Keterampilan Bertanya Calon Guru PAUD sebagai Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini

Authors

  • Kartika Metafisika STAI Taruna Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1413

Keywords:

Early Childhood Education, Cognitive Development, Questioning Skills, High Order Thinking Skills

Abstract

Keterampilan bertanya adalah teknik yang penting untuk dikuasai oleh guru PAUD agar penalaran dan kemampuan pemecahan masalah AUD dapat berkembang maksimal. Dilakukan asesmen terhadap keterampilan bertanya 23 calon guru PAUD mengacu pada kriteria level pertanyaan Nielsen dengan metode analisis konten. diketahui bahwa sebanyak 68% partisipan masih mengemukakan pertanyaan dalam bentuk Low Order Thinking Skills (LOTS) dan 32% sudah mempraktekkan pertanyaan untuk mengembangkan High Order Thinking Skills (HOTS). Semua partisipan memulai pertanyaan dari pertanyaan deskripsi yakni tentang apa, siapa, dimana, dan kapan. Pertanyaan LOTS yang muncul paling banyak seputar pertanyaan deskripsi mengenai apa, siapa, dimana, dan kapan disertai berhitung jumlah objek. Pada pertanyaan HOTS, pertanyaan yang ideal adalah pertanyaan yang melalui proses penalaran (Q3) atau bagaimana anak bisa mengamati secara detail objek yang dipelajari melalui proses membedakan (Q4).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Nurul. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap KeterampilanBerpikir Kritis Siswa Subtema Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku Kelas IV Sekolah Dasar. Child Education Journal, Volume 1 Nomor 1, https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.912.

Akkaya, N., & Demirel, M. V. (2012). Teacher Candidates’ Use of Questioning Skills in During-Reading and Post-Reading Strategies. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 4301–4305.

Aubrey, C., Ghent, K., & Kanira, E. (2012). Enhancing thinking skills in early childhood. International Journal of Early Years Education, 20(4), 332–348.

Awa, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak dalam Menyusun RPPH melalui Kegiatan Supervisi Akademik dan Pendampingan di TK Binaan Tahun 2018. Serambi PTK, 6(2), 55–63.

Bahçivan, E. (2017). Implementing Microteaching Lesson Study with a Group of Preservice Science Teachers: An Encouraging Attempt of Action Research. International Online Journal of Educational Sciences, 9(3).

Danur, D. T., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru Paud Dalam Mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tk Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 715–721.

Firmanjaya, Alan. (2019).Strategi Pemanfaatan Aplikasi Kids Center untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Kelompok A di Lingkungan Keluarga. Child Education Journal, Volume 1 Nomor 1, https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.1018

Harmanto, B., &Kristiana, D. (2018). Memudahkan Pelaporan Perkembangan Anak Tk Melalui Program Aplikasi. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 2(2).

Hartatik, S. &Fitriyah, F.K. (2017). Identifikasi Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 2(2). 31 –33, DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v2i2.253.

Katz, L. G. (2010). STEM in the early years. Early Childhood Research and Practice, Vol. 12, pp. 11–19.

Mabruroh, Milda. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD Negeri Margorejo VI Surabaya. Child Education Journal, Volume 1 Nomor 1, https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.879

Meliala, N. R. M. B. S. (2017). Analisis Kesulitan Guru Paud Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo Ta 2016/2017. UNIMED.

Natalia, E. D., Sofia, A., & others. (2016). Persepsi Guru PAUD Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2).

Nielsen, R. D., Buckingham, J., Knoll, G., Marsh, B., & Palen, L. (2008). A taxonomy of questions for question generation. Proceedings of the Workshop on the Question Generation Shared Task and Evaluation Challenge.

Purwoko, Budi., & Fitriyah, F. K. (2017). Narcissism and Aggression in Counselor Candidates: A Challenge for Counselor Education in Indonesia. Proceedings of the 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017, https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.38.

Storey, S. O. (2004). Teacher questioning to improve early childhood reasoning. The University of Arizona.

Ting, T. C. (2007). Policy developments in pre-school education in Singapore: A focus on the key reforms of kindergarten education. International Journal of Child Care and Education Policy, 1(1), 35.

Trundle, K. C. (2010). Teaching science during the early childhood years. Best Practices in Science Education.

Welsh, J. A., Nix, R. L., Blair, C., Bierman, K. L., & Nelson, K. E. (2010). The development of cognitive skills and gains in academic school readiness for children from low-income families. Journal of Educational Psychology, 102(1), 43.

Westby, C. (2017). Marion Blank’s Levels of Language Abstraction. Word of Mouth, 29(1), 12–15.

Published

2019-12-23

How to Cite

Metafisika, K. (2019). Penilaian Keterampilan Bertanya Calon Guru PAUD sebagai Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Child Education Journal, 1(2), 88-95. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1413