Studi Deskriptif Penyebab Bullying di Sekolah Dasar: Refleksi Implementasi Modulab sebagai Model Sekolah Ramah Anak

Authors

  • Muhammad Shodiq Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Mahmudah Mahmudah

DOI:

https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1314

Keywords:

Sekolah ramah anak, Modul anti bullying

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab bullying di Sekolah Dasar. Bisa jadi lingkungan  sekolah menjadi penyebab utama tumbuh suburnya kasus bullying. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Angket dalam penelitian bertujuan untuk mengungkap kondisi psikologis siswa di SDN III Kecamatan Wonokromo Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang tidak kondusif menjadi pemicu bullying di lingkungan sekolah. Selanjutnya, rekomendasi penelitian ini adalah pertlunya modulab sebagai model sekolah ramah anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

AlexSobur.(2003).Psikologi mum. Bandung: Pustaka Setia.

Aqib, Zaenal. (2008). Sekolah Ramah Anak Mencegah kekerasan Dalam Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. (2000). Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Brewster,Cori, Railsback, Jennifer. (2001). Schoolwide prevention of bullying. Northwest Regional: Educational Laboratory.

Coloroso, Barbara. (2007). Stop Bullying. Jakarta: PT.Serambi Ilmu Pustaka.Desmita.(2005).Psikologi Perkembangan.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Fitriyah, F. (2014). Efektivitas Konseling Singkat Berfokus Solusi Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Siswa: Penelitian Subjek Tunggal terhadap 6 Siswa SMAN 1 Singgahan Kabupaten Tuban Tahun Ajaran 2013/2014 (PhD Thesis).Universitas Pendidikan Indonesia.

Fitriyah, F.K, & Purwoko, B. (2018). Youth narcissistic and aggression: A challenge for guidance and counseling service in University. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 173(Icei 2017), 109–111. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.29

Fitriyah, F. K. (2018a). Narcissistic Phenomenon Of Community Students In Surabaya. The 1st International Conference on Techopreneurship and Education 2018, (2010), 166–169.

Fitriyah, F. K. (2019). Pengaruh Perilaku Agresif pada Anak Usia Dini terhadap Kecemasan dan Empati. Education and Human Development Journal, 3(1), 96–102. https://doi.org/https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i1.1088

Fitriyah, Fifi Khoirul. (2017). Reducing Aggressive Behaviour using Solution Focused Brief Counseling. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)Vol2 (2), 34-39, DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki. v2i2.254.

Lexy J. Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Made Pidarta. (2006).Analisis Data Penelitian-Penelitian Kualitatif dan Artikel: Surabaya:Unesa Unversity Press.

Peterson Kent Dand Terrance E Deal.(2009). The Shaping SchoolCulture Filedbook.(Joses-Bass, Ed.). San Francisco.

Purwoko, B.,&. Fitriyah, F.K. (2018). Anger Management in Adolescents behind Romantic Breakup: Implementation of Solution-Focused Brief Therapy. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 173(Icei 2017), https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.13.

Published

2019-12-16

How to Cite

Shodiq, M., & Mahmudah, M. (2019). Studi Deskriptif Penyebab Bullying di Sekolah Dasar: Refleksi Implementasi Modulab sebagai Model Sekolah Ramah Anak. Child Education Journal, 1(2), 73-77. https://doi.org/10.33086/cej.v1i2.1314