Main Article Content

Muhammad Lukman Haris Firmansah

Abstract

ABSTRAK : Pertumbuhan dan perkembangan anak distimulasi dengan berbagai macam jenis permainan. Pohon angka merupakan salah satu permainan yang sering digunakan dalam pembelajaran. Minim pengetahuan fasilitator mengenai keunggulan dan kelemahannya, sehingga pada kesempatan ini peneliti melakukan penelitian mengenai pohon angka. Hasil dari penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara dan observasi, selanjutnya dilakukan analisis menggunakan metode trianggulasi data untuk mendapatkan data yang valid. Hasil instrumen pengamatan yakni 72% anak dapat mengambil angka, 82% anak dapat menempelkan angka, 85% anak dapat menunjukkan angka. Stimulus yang ciptakan melalui permainan pohon angka yakni melihat lambang angka secara berulang-ulang dimulai proses mengambil, menempelkan, menunjukkan dan menyebutkan angka


ABSTRACT : Child growth and development are stimulated by various types of games. Number tree is one game that is often used in learning. Lack of facilitator's knowledge of their strengths and weaknesses, so that on this occasion researchers conducted research on numerical trees. The results of this study were obtained by means of interviews and observations, then analyzed using the data triangulation method to obtain valid data. The result of the observation instrument is that 72% of children can take numbers, 82% of children can attach numbers, 85% of children can show numbers. Stimulus, which is created through numerical tree play that is to see the symbol of numbers repeatedly begins the process of taking, pasting, showing and mentioning numbers.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Firmansah, M. L. H. (2019). Peran Permainan Pohon Angka dalam menstimulasi Pengetahuan Visual Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun. Child Education Journal, 1(1), 44–50. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.1016
Section
Articles
Pohon Angka, Stimulasi, Anak

References

Anderson, dkk ( 2001). A Taxonomy for Learning and Teaching and Assesing. New York : Pre Press Company Inc

Arsyad, Azhar (2011). Media pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta :Referensijakarta

Fenrich, P., dkk (1997) Instructional Multimedia Aplication. The United State of America : Hardcourt Brace College Publishers.

Gustafson., dkk (1997) Survey of Instructional Development Models.Washington DC : Eric Publications

Heinich, R., dkk (2002) Instructional Media and Technology for Larning. The United State of America : Conruer Kendell Ville.

Izzaty R. E, dkk (2008) . Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Mursid (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Mustaji, (2013). Media Pembelajaran, Surabaya: Unesa Press.

Subrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajaali Presss

Sutirna. (2013) Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta : CV Andi Offset

Sudjana, N. (2005) Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito Bandung

Suyanto S (2005) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Yogyakarta : Hikayat Publishing

Suyawan, I., dkk (2013) Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika (Peminatan) melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta : Dirjen Dikmen

Schunk D H. (2012) Learning Theories an educational perpective.United State of America : Pearson Education.Inc