Flipped Classroom Applying Flipped Classroom Based Family Nursing Care Learning Model to Learning Outcome in Nursing Institution
Main Article Content
Abstract
Dunia pendidikan telah berkembang sebegitu pesatnya, sehingga diperlukan metode-metode yang baru untuk mendukung efektivitas pembelajaran di kelas seperti ide terkait model pendidikan baru dan cara-cara yang unik untuk tetap bisa berkomunikasi dengan mahasiswa, menginformasikan, berkolaborasi dan menilai proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari pendidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini menguji efektivitas metode flipped classroom terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi S1 Keperawatan UNUSA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Variabel bebas adalah Flipped Classroom dan variabel tergantung adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa yang berada di semester VI Tahun Ajaran 2017/2018 Program Studi S1 Keperawatan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah status mahasiswa aktif TA 2017/2018 Genap, sudah mengambil mata kuliah Keperawatan Keluarga di KRS (Kartu Rencana Studi). Menggunakan tehnik stratified simple random sampling didapatkan jumlah sampel = 111 mahasiswa. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Paired t-test didapatkan hasil p value sebesar 0,000 dengan nilai tscore sebesar -7,502. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai pre-test dan nilai post-test setelah diberikan metode flipped classroom. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah setelah dilakukan metode pembelajaran Flipped Classroom pada mata ajar asuhan keperawatan keluarga terjadi kenaikan hasil belajar.
Downloads
Article Details
Copyright (c) 2020 nety mawarda hatmanti, Yurike Septianingrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hozlinger, Ann-Christin. (2016). The Flipped Classroom Model For Teaching Vectors. Thesis. Johannes Kepler University Linz : Austria. Khutas, Antti, Herala, Erno Vanhala & Jouni , Ikonen
Khutas, Antti, Herala, Erno Vanhala & Jouni , Ikonen. (2016). The Flipped Classroom Method : Lessons Learned from Flipping Two Programming Course. Diakses dari http://www.reserarchgate.net pada tanggal 26 April 2018 pukul 21.00 WIB.
Rindaningsih, Ida. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA. Proceeding of The ICECRS, Volume 1 No.3 (2018) 51-60. Seminar Nasional FKIP UMSIDA Sidoarjo. Diakses dari http://www.googlescholar.com pada tanggal 01 Juli 2019 pukul 20.00 WIB.
Sinmas, Wolfharda Fitriani., Sundaygara, Chandra., Pranata, Kurniawan Budi. (2019). Pengaruh PBL Berbasis Flipped Class terhadap Prestasi ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Terapan Sains & Teknologi Vol.1 No.3. Diakses dari http://www.reserarchgate.net pada tanggal 01 Juli 2019 pukul 21.00 WIB.
Wulansari, T.N., & Sutrisna, G.P. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Keperawatan dalam Materi Ajar Mikrobiologi. Jurnal Bioeducation, 5(2). Diakses dari http://www.reserarchgate.net pada tanggal 01 Juli 2019 pukul 21.00 WIB.