Main Article Content

Wesiana Heris Santy novira dwi prapti

Abstract

Anak usia 3-5 tahun sesuai dengan perkembangannya masih memiliki kepercayaan diri rendah ditandai dengan sulit untuk berpisah dengan orang tua, tidak berani mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh penerapan Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap peningkatan kepercayaan diri anak usia 3-5 tahun. Desain penelitian menggunakan pre eksperiment dengan jenis one group pretest-posttest design.Populasi anak usia 3-5 tahun 33 orang, sampel 30. Menggunakan probability sampling dengan tekhnik simple random sampling. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon Sign Test. Variabel independent yaitu pernerapan APE dan variabel dependent yaitu kepercayaan diri. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dianalisa dengan uji Wilcoxon dengan α= 0,05. Hasil penelitian pre test menunjukkan sebagian besar (70%) mempunyai kepercayaan diri rendah dan post test sebagian besar (63,33%) mempunyai kepercayaan diri tinggi. Hasil uji analisis didapatkan nilai ρ= 0,000 < α= 0,05 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh penerapan APE terhadap peningkatan kepercayaan diri anak usia 3-5 tahun di KB Aisyiyah 14 Pabean Cantian Kota Surabaya. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar anak memiliki kepercayaan diri tinggi sesudah diberikan penerapan APE. Saran terhadap profesi keperawatan penerapan APE dapat menjadi salah satu asuhan keperawatan untuk mengembangkan kepercayaan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Santy, W. H., & prapti, novira dwi. (2019). PENGARUH PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 3-5 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH 14 PABEAN CANTIAN KOTA SURABAYA. Journal of Health Sciences, 12(1), 12–20. https://doi.org/10.33086/jhs.v12i1.810
Section
Articles

Wesiana Heris Santy, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

novira dwi prapti, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya