Author Guidelines

Untuk penulis, silakan baca pedoman dan templat jurnal ini dengan cermat. Penulis yang ingin menyerahkan artikel mereka ke kantor editorial Medical Technology and Public Health Journal harus mematuhi pedoman penulisan. Jika artikel yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, artikel tersebut akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya akan menerima artikel yang memenuhi format yang ditugaskan.

Medical Technology and Public Health Journal menerima artikel secara online. Artikel yang disampaikan harus memenuhi kriteria yang ditetapkan; memiliki keunggulan ilmiah serta memberikan dampak signifikan pada pengembangan di semua bidang kesehatan masyarakat, gizi, dan teknologi medis. Semua artikel yang diterima akan ditinjau oleh peer-reviewer dengan metode double-blind.

Sejak Maret 2019, Open Journal Systems (OJS) telah diterapkan untuk semua proses dalam Medical Technology and Public Health Journal. Oleh karena itu, penulis yang menyerahkan harus mendaftar terlebih dahulu dan mengunggah artikel secara online. Proses pengeditan artikel dapat dipantau melalui OJS. Penulis, pembaca, dewan editorial, editor, dan peer-reviewer dapat memperoleh status real-time dari artikel. Salinan kertas jurnal juga dapat dibeli melalui sistem.

____________________________________________________________________________________________________________________________

PEDOMAN PENULIS

Medical Technology and Public Health Journal merupakan jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Kesehatan, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Semua artikel yang diterima akan ditinjau oleh peer-reviewed dengan metode double-blind. Penulis yang akan melakukan pengiriman naskah mohon untuk membaca petunjuk penulisan di bawah ini:

SUBMIT ARTIKEL

  1. Untuk submit artikel, silahkan menuju ke halaman https://journal2.unusa.ac.id/index.php/MTPHJ/login
  2. Jika anda belum memiliki akun dan kata sandi, silahkan membuat terlebih dahulu kemudian bisa masuk menggunakan akun dan kata sandi yang telah anda buat. Persiapkan naskah sesuai dengan petunjuk dibawah ini.
  3. Naskah yang dikirim akan menjalani pemeriksaan editorial yang ketat untuk plagiarisme dan format penulisan. Naskah yang tidak lolos pemeriksaan awal tidak akan dilanjutkan ke reviewer.
  4. Naskah tidak akan diterima apabila tidak mengikuti gaya selingkung jurnal dan petunjuk penulisan.

PERSIAPAN MANUSKRIP

BAHASA

Seluruh artikel yang disubmit boleh menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tim Editor tidak menyediakan jasa proofreading untuk Bahasa Inggris, sehingga hal tersebut menjadi tanggung jawab penulis. Apabila tata Bahasa terlalu buruk dan tidak memenuhi standar, maka tim editor tidak akan memproses.

1.1              TITTLE

Merupakan judul artikel yang terdiri dari:

  1. Judul manuskrip dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris
  2. Nama lengkap dari seluruh author
  3. Institusi dari seluruh author (kelimuan, universitas)
  4. Detil informasi dari corresponding author (nama, email dan telephone)

1.2              GENERAL

  1. Naskah ditulis dengan format word 1997-2003 (.doc)
  2. Kertas yang digunakan berukuran A4 dengan margin atas, bawah, kiri dan kanan sebesar 2,5
  3. Naskah diketik dengan huruf Times New Romans berukuran 12 pt dengan spasi 1,5 pt, dalam bentuk 2 kolom, dengan jarak antar kolom 0,97 cm.
  4. Jangan menggunakan huruf tebal untuk penekanan didalam teks.
  5. Jangan menggunakan tab atau indentasi untuk memulai paragraph baru.
  6. Jangan menggunakan fitur otomatis yang ada di software anda (kecuali referensi)

Abstract and Keyword

  1. Abstract harus merupakan ringkasan ringkasan informatif dari naskah Anda.
  2. Abstract harus mengikuti struktur yang telah ditetapkan yang meliputi Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan dan Kesimpulan dengan jumlah kata maksimal 250 kata dan jumlah kata kunci maksimal 5.
  3. Penulis yang mengirim naskah dalam Bahasa Indonesia, wajib membuat 2 jenis abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris
  4. Abstract yang memuat latar belakang menggunakan kalimat past tense dan present tense, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan menggunakan kalimat past tense

1.3              TABLES

  1. Author dapat mencantumkan maksimal 7 (tabel/ gambar/ kombinasi keduanya)
  2. Beri nomor tabel secara berurutan dalam angka arab (mis. Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3) dalam urutan dari kutipan pertama dalam teks
  3. Berikan judul yang jelas dan informatif dalam setiap able
  4. Kepala able menggunakan huruf times new roman ukuran 12 pt dan tebal
  5. Isi able menggunakan huruf times new roman ukuran 10 pt dengan spasi tunggal
  6. Jika table berasal dari publikasi lain, maka wajib mencantumkan sumbernya di bawah able.

1.4              FIGURE

  1. Author dapat mencantumkan maksimal 7 (gambar/ tabel/ kombinasi keduanya)
  2. Beri nomor gambar secara berurutan dalam angka arab (mis. Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3) dalam urutan dari kutipan pertama dalam teks
  3. Format gambar dapat berupa PNG/TIFF dengan minimum resolusi 300 DPI dan dimensi 1.000 x 1.000 pixels. Gambar berwarna dengan format CMYK ataupun RGB.
  4. Huruf, angka dan simbol harus jelas dan merata, dan dengan ukuran yang cukup bahwa ketika ukurannya dikurangi untuk publikasi, setiap item akan tetap dapat diidentifikasi dengan jelas.
  5. Jika gambar berasal dari publikasi lain, maka wajib mencantumkan sumbernya di bawah gambar
  6. Nama dan afiliasi penulis tidak boleh muncul pada gambar

1.5              SINGKATAN DAN SIMBOL

  1. Istilah lengkap dan singkatan pada penulisan pertama harus jelas kemudian diikuti tanda kurung, seperti Alat Pelindung Diri (APD). Maka selanjutnya cukup menggunakan APD.
  2. Singkatan yang digunakan harus yang berdasarkan standar internasional
  3. Berat, volume dll harus ditulis dengan metrik standar

1.6              DATA

  1. Gunakan Sistem Satuan Internasional
  2. Angka baik yang berada dalam inti teks maupun table harus ditampilkan persentase nya (%).
  3. Analisis data yang menggunakan Rata-Rata maka harus diikuti dengan standar deviasi dan median
  4. Nilai signifikansi harus ditampilkan (p<0.005)

1.7              ACKNOWLEDGEMENTS

Kontribusi yang dapat diterima termasuk dukungan umum oleh institusi/lembaga/kepala baik berupa bantuan teknis, dan dukungan finansial dan / atau material (termasuk hibah). Sebutkan konflik kepentingan, jika ada.

1.8              REFERENSI

  1. Sitasi dan Daftar Pustaka yang digunakan wajib menggunakan aplikasi standar sitasi (Mendeley, Endnote, Zotero, dll).
  2. Pustaka ditulis dalam Vancouver Style Superscript
  3. Pustaka minimal 80% berasal dari sumber yang up to date (berasal dari publikasi ilmiah maksimal 5 tahun terakhir).
  4. Sumber yang tidak dipublikasikan, misalnya manuscriptatau personal communication tidak dapat dijadikan referensi tulisan.
  5. Referensi dalam teks, tabel, dan legenda harus diberi nomor dalam tanda kurung misalnya (1), (1, 4), (1-3), (1, 3-5) dan dikutip secara berurutan sesuai urutan penampilan dalam naskah.
  6. Jangan sertakan referensi pada abstrak
  7. Dua referensi dikutip dipisahkan oleh koma, tanpa spasi. Tiga atau lebih referensi berturut-turut diberikan sebagai rentang dengan aturan en. Untuk membuat aturan en pada PC: tahan tombol CTRL dan tanda minus pada tombol angka, atau pada Mac: ALT tanda hubung
  8. Referensi dalam tabel, gambar dan panel harus dalam urutan numerik sesuai dengan di mana item tersebut dikutip dalam teks
  9. Jika ada enam penulis atau kurang, tulis semua enam dalam bentuk: nama keluarga inisial diikuti koma
  10. Jika ada tujuh atau lebih, yang ditulis  tiga nama pertama diikuti oleh et al
  11. Pustaka dari jurnal online wajib menyertakan DOI (digital object identifier)
  12. Untuk materi online, silakan kutip URL, bersama dengan tanggal Anda mengakses situs web

Vancouver Citation Style untuk Medical Technology and Public Health Journal

Standar Format untuk Buku

Inisial nama keluarga penulis. Judul: subtitle. Edisi (jika bukan yang pertama). Tempat publikasi: Penerbit; Tahun.

Buku dengan 1-6 penulis

Webb P, Bain C. Essential epidemiology: an introduction for students and health professionals. England: Cambridge University Press; 2010.

Buku dengan lebih 6 penulis

Fauci AS, Braunwald E, Kasper DL, et al. Harrison’s Principles of Internal Medicine. 17th ed. New York: McGraw Hill; 2008.

Chapter dalam buku

Vidyadaran S, Ramasamy R, Seow HF. Stem cells and cancer stem cells: Therapeutic Applications in Disease and Injury. In: Hayat MA, editor. New York: Springer; 2012.

Ebook

Frank SA. Immunology and Evolution of Infectious Disease [Internet]. Princeton: Princeton University Press; 2002 [cited 2014 December 17]. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK2394/pdf/TOC.pdf

Standar Format untuk Jurnal

Artikel jurnal 1-6 penulis

Tresamol VP, Antony MA, Mini KV, Siju J. Seroprevalence of Leptospirosis among Cattle in and Around Thrissur District, Kerala. International Journal of Livestock Research. 2017;7(3): 45-48.  https://doi.org/10.5455/ijlr.20170124044946

Artikel jurnal lebih dari 6 penulis

Chadsuthi S, Bicout DJ, Wiratsudakul A, et.al. Investigation on predominant Leptospira serovars and its distribution in humans and livestock in Thailand, 2010-2015. PLoS Negl Trop Dis. 2017;11(2).   https://doi.org/10.1371/journal.pntd.0005228

KATEGORI ARTIKEL

Format untuk teks bervariasi tergantung pada jenis artikel. Daftar jenis artikel yang dapat diterima pada Medical Technology and Public Health Journal adalah original research dan systematic review.

ORIGINAL RESEARCH

Kategori original research jika merupakan

  1. Laporan penelitian yang dtulis oleh peneliti yang benar-benar melakukan penelitian
  2. para peneliti menggambarkan hipotesis mereka atau pertanyaan penelitian dan tujuan dari penelitian ini.
  3. para peneliti merinci metode penelitian mereka.
  4. Hasil ditulis dengan rinci serta dilakukan interpretasi analisis data untuk menafsirkan kemungkinan dampak penelitian.
  5. Jumlah kata dalam manuskrip inti minimal 3.000 kata dan maksimal 4.500 kata, jumlah table/gambar maksimal 7 serta referensi minimal 1
  6. Sistematika penulisannya sebagai berikut :

1)    Judul

Judul dibuat singkat, padat, informatif, dan mudah dipahami dan tanpa menggunakan singkatan ataupun inisial

2)    Abstrak

Lihat bagian abstract di atas

3)    Pendahuluan

memberikan gambaran mengenai latar belakang penelitian, idetifikasi masalah, dan pernyataan tujuan serta hypothesis yang akan di uji dalam penelitian tersebut.

4)    Metode

Peneliti diharapkan secara terperinci memberikan penjelasan mengenai:

  • Desain penelitian, serta populasi yang diteliti atau model eksperimen yang digunakan
  • Definisi operasional dari variableluaran (outcome) dan instrument yang digunakan
  • Metodeuntuk estimasi dan pengukuran variable pajanan/ independen/ exposure
  • Klasifikasi dan kategorisasidari kelas nilai variable variable yang digunakan
  • Seluruh tahapan analisisstatistics

5)    Hasil

  • Penjelasan hasil dibuat secara jelas dan ringkas tanpa memberikan interpretasi dan ekstrapolasidari hasil yang sedang dilaporkan.
  • Peneliti tidak perlu memberikan penjelasan mengenai metode pada bagian awal hasil penelitian ini
  • Seluruh hasil dari analisis dan eksperimen dilaporkan di dalam manuskrip termasuk hasil analisis sensistifitas dan analisis sekunder. Hasil yang dilaporkan tidak dibatasi pada hasil yang signifikan secara statistic saja atau hasil yang dipilih untuk mendukung hipotesis penelitian. Hasil berupa table bisa dimunculkan pada naskah utama maupun pada material pendukung (supplementary materials)
  • Perlu menyebutkan secara jelas jumlah observasi pada setiap analisis, juga informasi mengenai missing data, cara penanganan dan perlakuan dalam analisis

6)    Pembahasan

  • Peneliti diharapkan memberikan tinjauan serta informasi lain yang dibutuhkan untuk meletakkan hasil temuan penelitian ke dalam konteks populasi yang sedang diamati.
  • Peneliti menggunakan sumber pustaka terdahulu secara lengkap dan berimbang termasuk studi yang tidak konsisten dengan hipotesis, hasil serta kesimpulan dari studi saat ini
  • Peneliti menyampaikan secara jujur terkait dengan kelemahan dari penelitian
  • Tidak perlu menyebutkan kembali metode ataupun hasil penelitian pada awal bagian pembahasan

7)    Acknowledgements

Lihat bagian acknowledgments di atas

8)    Kesimpulan dan Saran

Penulis diharapkan merangkum temuan utama secara singkat, padat, dan jelas SERTA menjawab tujuan penelitian. Pada bagian kesimpulan ini dapat diakhiri dengan saran/rekomendasi dan hal yang bisa dilakukan dimasa mendatang (jika dianggap perlu). Format penulisan adalah satu paragraf, baik untuk kesimpulan maupaun saran (dapat dipisah maupun digabungkan).

9)    Daftar Pustaka

Lihat bagian referensi di atas

SYSTEMATIC REVIEW

Systematc Review merupakan salah satu metode yang menggunakan review, telaah, evaluasi terstruktur, pengklasifikasian, dan pengkategorian dari evidence-based yang telah dihasilkan sebelumnya.

  1. Penulis diharuskan untuk mengikuti panduan penyusunan review seperti Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA), Cochrane Library, maupun EQUATOR network dan panduan lain. Dalam penilaian dan penyaringan artikel, penulis diharapkan menggunakan panduan tertentu misalnya Strengtening The Reporting of Observational Studies in Epidemiology (STROBE) Statement, Consolidated Standards of Reporting Trails (CONSORT), atau The Critical Appraisal Skills Programme (CASP). Standard panduan harus disebutkan dalam bagian metode review.
  2. Jumlah kata dalam manuskrip inti minimal 4.500 kata, jumlah table/gambar minimal 4 serta referensi minimal 40.
  3. Sistematika penulisannya sebagai berikut :

1)    Judul

Judul dibuat singkat, padat, informatif, dan mudah dipahami dan tanpa menggunakan singkatan ataupun inisial

2)    Abstrak

Metode pada bagian abstrak setidaknya memuat penjelasan tentang desain yang digunakan dalam review. Penulis diharapkan meringkas beberapa elemen dalam systematic review yang meliputi karakteristik kunci dari artikel yang dipilih, tantangan dan keterbatasan dari pengetahuan/penelitian yang saat ini sedang berkembang, serta kelemahan dari pendekatan yang digunakan. Ditambahkan dengan aturan general abstract di atas.

3)    Pendahuluan

memberikan gambaran mengenai latar belakang penelitian, idetifikasi masalah atau pertanyaan penelitian yang mendasari disusunnya systematic review. Diakhir bagian sampaikan tujuan khusus dari review dalam menjawab pertanyaan.

4)    Metode Review

Bagian metode dimulai dengan penjelasan mengenai tipe review apakah berupa systematic review saja atau systematic review yang disertai meta-analysis. Kemudian penulis menguraikan proses dalam mengidentifikasi literature yang relevan, meliputi:

  • Strategi pencarian: peneliti menyebutkan seluruh sumber pencarian secara elektronik, database dan tanggal terakhir pencarian sehingga proses ini bisa direplikasi/diikuti oleh peneliti lain.
  • Kriteria kelayakan artikel: penulis memberikan penjelasan dan alasan dari kriteria penyaringan/ seleksi dari artikel yan ditemukan
  • Diharapkan ada penjelasan mengenai luaran dari setiap artikel terpilih serta software statistic yang digunakan (jika review berupa meta-analysis)
  • Kualitas penelitian dari artikel terpilih: penulis diharapkan menjelaskan prosedur penilaian kualitas artikel penelitian, keterkaitan evidens yang ditampilkan di dalam artikel, hasil luaran (missal dengan menggunakan validitas internal serta resiko terjadinya bias).
  • Sampaikan secara jujur kelebihan dan kelemahan dari penelitian, kemudian perlu disampaikan pula terkait dengan adanya kesenjangan informasi dan pengetahuan

5)    Hasil Review

Penulis diharapkan memaparkan hasil penyaringan artikel, ringkasan data yang telah di ekstraksi, hasil sintesa intisari dari artikel penelitian terpilih ditampilkan ke dalam table sehingga memungkinkan pembaca untuk menyimpulkan inti dari pesan yang disampaikan.

  • Penulis harus menampilkan diagram alir proses seleksi, bisa dengan menyesuaikan panduan yang digunakan (missal: PRISMA, Cochrane). Contoh diagram terdapat di lampiran 1, tim penulis bisa mengembangkan contoh diagram tersebut sesuai dengan topik review.
  • Penulis menyebutkan jumlah artikel yang terseleksi, berikan penilaian beserta alasan penyaringan pada setiap tahapan
  • Hasil review dari artikel terpilih, maupun hasil dari ekstraksi data (pada meta-analysis) ditampilkan dalam table ringkasan yang memuat komponen utama kualitas artikel, Contoh table ringkasan terdapat di lampiran 2, tim penulis bisa mengembangkan contoh table ringkasan tersebut sesuai dengan topik review
  • Pada systematic review yang disertai meta-analysis, tim peneliti diharapkan menyertakan 95% confidence interval (CI) dan ukuran asosiasi secara konsisten (misalnya: OR, RR, IRR) beserta hasil analisis lain.
  • Pada meta-analysis, penulis menyertakan forest plots yang memuat informasi mengenai jumlah kejadian atau jumlah partisipan/responden, dipisahkan dengan kelompok intervensi dan kelompok pembanding (jika ada). Contoh forest plot terdapat pada lampiran 3.

6)    Pembahasan

Bagian pembahasan memberikan penjelasan yang seimbang mengenai dampak dari hasil temuan systematic review. Penulis juga diharapkan memberikan konteks penelitian terhadap perumusan kebijakan dan pelaksanaan.

  • Dimulai dengan meringkas temuan utama kemudian dikatikan dengan hypothesis dan data yang sebelumnya telah di terbitkan.
  • Penulis menyebutkan kelebihan dan kelemahan dari penelitian dengan memberikan catatan terhadap adanya potensi bias.
  • Berikan pembahasan adanya perbedaan pendapat dalam topik tersebut

7)    Acknowledgements

Lihat bagian acknowledgments di atas

8)    Kesimpulan dan Saran

penulis diharapkan merangkum temuan - temuan utama yang telah didiskusikan dalam hasil dan pembahasan secara singkat, padat, dan jelas SERTA menjawab tujuan penelitian. Pada bagian kesimpulan ini dapat diakhiri dengan saran/rekomendasi dan hal yang bisa dilakukan dimasa mendatang (jika dianggap perlu). Sampaikan pesan kunci dari penelitian yang telah penulis laksanakan serta apa nilai tambah dan solusi yang ditawarkan terhadap pengetahuan atau bidang tersebut

9)    Daftar Pustaka

Lihat bagian referensi di atas

PLAGIARISME

Harap diperhatikan bahwa seluruh artikel yang submit di MTPHJ akan dilakukan cek plagiarisme.

  1. Penulis harus melakukan paraphrase dengan kata-kata sendiri untuk menghindari plagiarism
  2. Dalam kasus di mana kutipan tertentu akan kehilangan makna dan esensi aslinya jika dilakukan parafrase, Jurnal mengharuskan penulis untuk menyertakan kutipan dalam tanda kutip ("_") untuk menunjukkan bahwa itu adalah kutipan langsung dari sumber. Tapi tidak boleh berlebihan.
  3. Medical Technology and Public Health Journal memberikan toleransi maksimal 20%.

KEBIJAKAN PUBLIKASI GANDA

  1. Manuskrip yang identik dan mirip dengan publikasi sebelumnya maka tidak dapat diproses di Medical Technology and Public Health Journal.
  2. Jika Anda ragu (terutama dalam hal materi yang telah Anda publikasi), kami meminta Anda untuk melanjutkan pengajuan Anda tetapi dengan menyertakan salinan karya yang relevan yang diterbitkan sebelumnya atau karya yang sedang dipertimbangkan oleh jurnal lain.

ETHICS

1.9         INFORMED CONSENT

Subjek memiliki hak privasi yang tidak boleh dilanggar tanpa persetujuan tertulis. Detail pengidentifikasian (tertulis atau fotografis) harus dihilangkan jika tidak penting, tetapi data subjek tidak boleh diubah atau dipalsukan dalam upaya mencapai anonimitas. Anonimitas lengkap sulit dicapai, dan formulir persetujuan harus diperoleh jika ada keraguan.

PERSETUJUAN KOMITE ETIK

Penulis harus menyatakan dalam tulisan bahwa penelitian dilakukan berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku. Bisa dilihat juga deklrasi Helsinki. Editor berhak menolak paper yang tidak mencantumkan persetujuan etik.

INTERVENSI KEPADA MANUSIA

pernyataan bahwa percobaan dilakukan dengan pemahaman dan persetujuan dari masing-masing peserta, dan pernyataan bahwa komite yang bertanggung jawab dan etis telah menyetujui percobaan

EKSPERIMEN HEWAN

Dalam makalah yang menjelaskan percobaan pada hewan hidup, termasuk (1) deskripsi lengkap dari setiap prosedur anestesi dan bedah yang digunakan, dan (2) bukti bahwa semua langkah yang mungkin diambil untuk menghindari penderitaan hewan pada setiap tahap percobaan. Dalam percobaan yang melibatkan penggunaan pelemas otot, jelaskan tindakan pencegahan yang dilakukan untuk memastikan anestesi yang memadai.