ANALISIS KINERJA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT LANJUTAN (FKTL) TERAKREDITASI PARIPURNA MELALUI PENDEKATAN MALCOLM BALDRIGE CRITERIA FOR PERFORMANCE EXCELLENCE
Main Article Content
Abstract
RSU Bhakti Husada adalah salah satu rumah sakit yang terdapat di Banyuwangi dan sudah akreditasi paripurna sejak tahun 2016 dan bisa mempertahankan predikat akreditasi paripurna pada tahun 2019 saat dilakukan survey ulang oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah sakit). Namun, meskipun mendapatkan predikat terakreditasi paripurna, kinerja Operasional RSU Bhakti Husada tidak mengalami perbaikan dan belum mencapai Rencana Kerja Anggaran perusahaan (RKAP) yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. MBCfPE menggunakan 7 kriteria penilaian yang menurut beberapa pengamat dinilai lebih menyempurnakan metode-metode manajamen yang lainnya. Ketujuh kriteria tersebut adalah kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus kepada pelanggan dan pasar, ukuran analisa manajemen pengetahuan, fokus kepada tenaga kerja, fokus kepada operasi dan hasil bisnis.Adapun tujuan umum dari penyusunan tesis ini adalah Menganalisis kinerja FKTL terakreditasi paripurna dengan pendekatan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence. Penelitian dilaksanakan di RSU Bhakti Husada Krikilan Banyuwangi tahun 2021 menggunakan metode penelitian kombinasi, dengan model sequential explanatory design. Model ini dicirikan dengan pengumpulan dan analisis data kuantitatif pada tahap pertama, dan diikuti dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif pada tahap kedua. Variable penelitian terdiri kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus kepada pelanggan dan pasar, ukuran analisa manajemen pengetahuan, fokus kepada tenaga kerja, fokus kepada operasi dan hasil bisnis. Etical clearance diperoleh dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence diketahui bahwa jumlah skor 518 predikat average dan termasuk dalam kategori good performance (451-550). Good Performance berarti RSU Bhakti Husada Jember berada dalam posisi layanan sesuai standar kesehatan. Secara umum kinerja RSU Bhakti Husada Banyuwangi sudah cukup baik walaupun masih terdapat kesenjangan antara realitas dengan harapan. Beberapa kategori juga masih terlihat kesenjangan yang cukup tinggi yaitu pada sub kategori pelanggan (46,2%) dan operasional (46,8%).
Downloads
Article Details
Copyright (c) 2022 Farida Wahyu Ningtyias, syaiful Nur Hamzah, sebastiana Viphindratin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anton Robert Sabella Rami Kashou Omar Omran , "Assessing quality of management practices in Palestinian hospitals", International Journal of Organizational Analysis, 2015,Vol. 23 Iss 2 pp. 213 - 232 . http://dx.doi.org/10.1108/IJOA-03-2014-0747.
Cleveland, N. J., Murphy, K. R, and William, R. E. Multiple uses of performance appraisal: prevalence and correlates. Journal of Applied Psychology, Vol. 74, N. 2007.
Creswell,john. W. Research Design (pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2009.
Duarte, N.T., Goodson J.R., Dougherty, T. M. P. Managing innovation in hospitals and health systems: Lessons from the Malcolm Baldrige National Quality Award Winners. International Journal of Healthcare Management, VOL. 7. 2014.
Ghareeb, A., Said, H. & El Zoghbi, M. Examining the impact of accreditation on a primary healthcare organization in Qatar. BMC Med Educ 18, 216. 2018. https://doi.org/10.1186/s12909-018-1321-0
Giri, Efraim Ferdinan. Balanced Scorecard: Suatu SistemPengukuran Kinerja Strategik. Kajian Bisnis, No 13, 35-46. Januari-April 1998.
Haris Sumadiria, AS., 1962-; Rema Karyanti S. Jurnalistik Indonesia: menulis berita dan feature: panduan praktis jurnalis profesional / penulis, AS Haris Sumadiria ; editor, Rema Karyanti S. Bandung :: Simbiosa Rekatama Media,. 2006.
H. Sinamo Jansen. 8 Etos Kerja Profesional. PT. Spirit Mahardika. 2008.
Ihyaul Ulum. Intellectual capital : konsep dan kajian empiris / Ihyaul Ulum. Yogyakarta : Graha Ilmu,. 2009.
Jones, M. R. Identifying Critical Factors That Predict Quality Management Program Success: Data Mining Analysis of Baldrige Award data. The Sunyata Group and Saybrook University, ASQ. 2014.
Kotler, Philip; Gary Amstrong ; Alexander Sindoro ; Benyamin Molan ; Bambang Sarwiji.Dasar-dasar Pemasaran / Philip Kotler, Gary Amstrong; Alih Bahasa, Alexander Sindoro Dan Tim MarkPlus; Penyunting, Benyamin Molan Dan Bambang Sarwijii. 2004.
Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Standar Akreditasi Rumah Sakit 2012.
Lohman, “Analisis Kuantitatif ”, Jogjakarta. 2003.
Meyer, S.M., Collier, D. A. An empirical test of the causal relationships in the Baldrige Health Care Pilot Criteria. Journal of Operations Management, 19. 2001.
Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. 2010.
PT Rolas Nusantara Medika. 2020. Annual Report 2020
Presiden Republik Indonesia. UU No. 44 Th 2009 tentang Rumah Sakit. 2009.
Rundle, Jeremy. “Seven Principles of Quality Management as per ISO 9001:2015 Committee DRAFT”, https://www.linkedin.com/pulse/seven-principles-quality- management-per-iso-90012015- committee. 2015.
S. Mangkuprawira & Aida V. Hubbies. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. 2007.
Ronald C. Schulingkamp & John R. Latham. Healthcare Performance Excellence: A Comparison of Baldrige Award Recipients and Competitors, Quality Management Journal, 2015. 22:3, 6-22, DOI: 10.1080/10686967.2015.11918438
Souza, S.C.D., Sequeira, A. H. Application Of Malcolm Baldrige Quality Framework To Enhance Performance In Healthcare. National Institute of Technology. 2015. DOI: http://dx.doi.org/10.4314/ijest.v3i7.6S
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. 2017.
Wibowo, 1940- (penulis). (2016; © 2007, Wibowo). Manajemen kinerja / Prof. Dr. Wibowo, S.E., M.Phil.. Jakarta : Rajawali Pers,.