FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH RUMAH TANGGA KE SUNGAI DI DESA PAMARANGAN KANAN KABUPATEN TABALONG TAHUN 2019

Authors

  • Nia Astina Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan
  • Akhmad Fauzan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Eddy Rahman Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

DOI:

https://doi.org/10.33086/mtphj.v4i2.1632

Keywords:

Knowledge, Attitude, Availability Of Facilities, Education, Gerbage Disposal Behavior

Abstract

Sampah merupakan bahan buangan padat dari aktivitas manusia, sampah sudah jadi masalah nasional dan global bukan hanya lokal. Masalah sampah timbul dengan adanya peningkatan timbunan sampah sebesar 2-4% pertahun. Pencemaran air sungai diakibatkan dari adanya pembuangan sampah yang dapat membawa dampak negatif pada kesehatan, salah satunya seperti meningkatnya penyakit diare. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku masyarakat dalam membuang sampah rumah tangga ke sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara pendidikan, pengetahuan, sikap dan ketersediaan sarana dengan perilaku membuang sampah rumah tangga ke sungai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua ibu di Desa Pamarangan Kanan dengan jumlah 288 rumah tangga dan sampel sebanyak 74 responden, teknik pengampilan sampel dengan cara proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan cara wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku membuang sampah rumah tangga di Desa Pamarangan Kanan sebagian besar kurang (60,8%). Ada hubungan pengetahuan dengan p-value 0,010, ada hubungan sikap dengan p-value 0,021, ada hubungan ketersediaan sarana dengan p-value 0,014, dan tidak ada hubungan pendidikan dengan p-value 0,634. Diharapkan kepada instansi yang terkait agar lebih aktif mengawasi dan memberikan pelayanan kebersihan lingkungan di desa-desa terpencil serta masyarakat agar selalu melakukan kegiatan pengelolaan sampah untuk kepentingan dan kenyamanan bersama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Winardi, dkk., 2012. Perencanaan Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu. Semarang.

Balitbang Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Kementerian Pekerja Umum Sekretariat Jendral Cipta Karya, 2012. Materi Bidang Sampah I Diseminasi dan Sosialisasi Keteknikan Bidang PLP. Jakarta.

Notoatmodjo, S., 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurdin Usman, 2004, Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan, Bandung

Azwar, Azrul., 2005. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustakan Belajar.

Novita, dkk., 2017. Pengetahuan, Sikap, Dan Pendidikan Dengan Perilaku Pengelolaan Sampah Di Kelurahan Bener Tegalrejo. Yogyakarta.

Murdhani, Akhmad., 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Desa Amawang Kiri Muka Kandangan Hulu Sungai Selatan Tahun 2016.

Ashidiqy, Maritsa Rahman., 2009. Skripsi. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Masyarakat Dalam Membuang Sampah Rumah Tangga di Sungai Mranggen Tahun 2009. Universitas Negeri Semarang.

Notoatmodjo, S., 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta

Published

2020-09-25

How to Cite

Astina, N., Fauzan, A. ., & Rahman, E. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH RUMAH TANGGA KE SUNGAI DI DESA PAMARANGAN KANAN KABUPATEN TABALONG TAHUN 2019. Medical Technology and Public Health Journal, 4(2), 181 - 190. https://doi.org/10.33086/mtphj.v4i2.1632