STIMULUS ENTREPRENEURSHIP BERBASIS GAME PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM MANBAUL ULUM GRESIK

Authors

  • Juliana Kristi Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Anisah Firdausiah Oktarilivyana Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Bunga Brylline Putri Suharto Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Bayu Alfiansyah Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Alferdo Doni Fadlillah Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Ngatini Ngatini Universitas Internasional Semen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/cdj.v4i1.1137

Abstract

SMP Islam Manbaul Ulum memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler untuk mendukung siswanya dalam mengembangkan potensi atau minat dan bakat. Tidak terkecuali ekstrakurikuler kewirausahaan. Sejauh ini pengembangan program ekstrakurikuler kewirausahaan masih belum optimal karena metode pelaksanaannya terlalu monoton dengan hanya memberikan arahan-arahan tanpa memberikan kesempatan atau peluang secara langsung kepada siswa-siswi untuk merasakan atsmosfer bisnis.  Millennipreneur hadir dengan mengusung konsep yang lebih terukur dan terarah. Menggunakan metode DIPEV(Discuss, Implementation, Product Expo, Evaluasi), Millennipreneur memberikan pembelajaran kewirausahaan  yang menyenangkan  melalui Game Android. Siswa-siswi lebih mampu menangkap pembelajaran kewirausahaan dengan melakukan simulasi bisnis yang ada pada game Millennipreneur untuk kemudian  direalisasikan sebagaimana proses bisnis pada umumnya. Terbukti dengan metode ini, mampu menjadi stimulus bagi siswa-siswi SMP Islam Manbaul Ulum untuk tertarik pada bidang kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-07-03

How to Cite

Kristi, J., Oktarilivyana, A. F., Suharto, B. B. P., Alfiansyah, B., Fadlillah, A. D., & Ngatini, N. (2020). STIMULUS ENTREPRENEURSHIP BERBASIS GAME PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM MANBAUL ULUM GRESIK. Community Development Journal, 4(1). https://doi.org/10.33086/cdj.v4i1.1137