##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Durrotun Nashihah Anshori .

Abstract

The terms believer, infidel and hypocrite, are types of humans in believing in the truth, these three qualities cannot be measured and cannot be seen, therefore explanations of these characteristics are needed, in this case the interpretation that will be used as a source of discussion is local interpretation. Javanese-speaking Indonesian. the type of research used is a literature study, in this study is the interpretation of al-Ibrīz with the interpretation of the Java-Pegon model, from the interpretation of the Java-Pegon will be analyzed using interactive data, the purpose of this discussion, in addition to preserving the interpretation with local Javanese culture also opens opportunities for understanding, other perspectives or new perspectives on these three traits.


 


Istilah Mukmin, kafir dan munafik, merupakan jenis manusia dalam Istilah Mukmin, kafir dan munafik, merupakan jenis manusia dalam mempercayai kebenaran, ketiga sifat ini tidak bisa diukur dan tidak bisa terlihat, oleh sebab itu dibutuhkan penjelasan-penjelasan sifat-sifat tersebut, dalam hal ini tafsir yang kan digunakan sebagai sumber pembahasan adalah tafsir lokal Indonesia yang berbahasa Jawa. jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan, dalam kajian ini ialah tafsīr al-Ibrīz dengan penafsiran model Jawa-Pegon, dari penafsiran Jawa-Pegon tersebut nantinya akan dianalisis menggunakan data interaktif, tujuan dari pembahasan ini, selain pelestarian tafsir dengan budaya lokal jawa juga membuka peluang adanya pemahaman, perpektif lain atau perpektif baru terhadap ketiga sifat tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Nashihah, D., & ., A. (2022). Analisis Makna Mu’min, Kafir dan Munafiq dalam Surat al-Baqarah Perspektif Tafsir al-Ibriz Karya KH. Bisri Musthafa . Journal of Islamic Civilization, 3(2), 174–188. https://doi.org/10.33086/jic.v3i2.2560
Section
Articles
Tafsir Al-Ibriz, KH. Bisri Mustofa, Mukmin, Kafir, Munafik

References

Admizal, Iril. 2018. “Strategi Menghadapi Orang Munafik Menurut Alquran.” Al-Quds: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis 2(1).

Afandi, Irfan. 2017. “Mu’min, Kafir Dan Munafiq: Politik Identitas Kewargaan Di Awal Islam (Kajian Tentang QS. Al-Baqarah : 1-20).” Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 9(1).

al-Qayyim al-Jauziy, Ibnu. 1994. Shifat Al-Munafiqin Alih Bahasa Oleh Jamaluddin Kafie Dengan Judul “Tragedi Kemunafiqan.” Surabaya: Risalah Gusti.

Amin Ghofur, Saiful. 2013. Mozaik Mufasir Al-Qur`ān: Dari Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Amin Ghofur, Syaiful. 2008. Profil Para Mufasir Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Anugrah, Diat. 2021. “Golongan Manusia Dalam Menerima Al-Quran, Kamu Termasuk Yang Mana?” Yoursay.Id. Retrieved January 4, 2022 (https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/12/17/113602/3-golongan-manusia-dalam-menerima-al-quran-kamu-termasuk-yang-mana).

Ayyas. 2017. “Muslim Mendukung Ahok, Siap-Siap Dapat Label Kafir Dan Munafik.” SEWORD. Retrieved January 4, 2022 (https://seword.com/umum/muslim-mendukung-ahok-siap-siap-dapat-label-kafir-dan-munafik).

Azra, Azyumardi. 2008. Kajian Tematik Al-Qur’an Tentang Ketuhanan. Bandung: Angkasa.

Cawidu, Harifuddin. 1991. Konsep Kufr Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang.

Com, Jppn. 2019. “Tiga Jenis Orang Yang Disebut Di Alquran: Mukmin, Kafir, Munafik.” Jppn.Com. Retrieved January 4, 2022 (https://www.jpnn.com/news/tiga-jenis-orang-yang-disebut-di-alquran-mukmin-kafir-munafik).

D., Rahmat RIzal. 2013. “Karakteristik Orang Fasiq Menurut Al-Qur’an.” Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Hengki Wijaya, Umrati. 2020. Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Esack, Farid. 1997. Liberation and Pluralism: An Islamic Perspective of Interreligious Solidarity Against Oppression. England: One World, Oxford.

Fahmi, Izzul. 2019. “Lokalitas Kitab Tafsir Al-Ibriz Karya KH. Bisri Musthofa.” Jurnal Islamika Inside: Jurnal Keislaman Dan Humaniora 5(1).

Maslukhin. 2015. “Kosmologi Budaya Jawa Dalam Tafsir Al-Ibriz.” Jurnal Mutawatir 5(1).

Milal Bizawie, Zainul. 2016. Masterpiece Islam Nusantara: Sanad Dan Jejaring Ulama-Santri. Tangerang: Pustaka Compas.

Muhammad ’Ali Ibn Ahmad Ibn Sa’id Ibn Hazm, Abu. n.d. Al-Ihkam Fi Usul Al-Ahkam Juz I. Beirut: Mansyurat Dar al-Afaq al-Jadidah.

Musthafa, Bisri. al-Ibrīz li Ma'rifat Tafsir al-Qur'an Al-'Aziz, Juz I, (Kudus: Menara)

Rokhmad, Abu. 2011. Telaah Karakteristik Tafsir Arab-Pegon al-Ibrīz, Jurnal "Analisa" Volume XVIII, No. 01, Januari-Juni

Ricklefs, M. C. 2011. A History of Modern Indonesia Terj. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Shihab, Quraish. 2000. Tafsir Al-Mishbah : Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an, Vol I. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, Quraish. 2006. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an, Vol 2. Jakarta: Lentera Hati.

Sihabussalam. 2011. “Relasi Makna Orang Kafir Dan Muttaqīn Dalam Islam.” Indo-Islamika 1(2).

Ulul Fahmi, Muhammad. 2008. Ulama Besar Indonesia: Biografi Dan Karyanya. Kendal: Pustaka Amanah.

Wahid dkk, Abdul. 2020. “Memahami Konsepsi ‘Kafir’ Pada Organisasi Keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) Dan Muhammadiyah Di Media Sosial.” Jurnal KOMUNIKATIF 9(2).

Yunus, Mahmud. 1989. Qamus ’Arabiy Indunisiyya. Jakarta: PT. Hidakarya Agung.

Zaenal Huda, Achmad. 2003. Mutiara Pesantren: Perjalanan Khidmah KH. Bisri Mustofa. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Zuhri, Saifuddin. 1983. PPP, NU, Dan MI: Gejolak Wadah Politik Islam. Integrita Press.