Aplikasi DIY Smart Trash berbasis IoT Open Platform

Authors

  • Rizqi Putri Nourma Budiarti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Jordan Maulana PT. Sinergi Informatika Semen Indonesia
  • Sritrusta Sukaridhoto Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/atcsj.v1i2.857

Keywords:

DIY Smart Trash, Internet of Things, Open Platform, Pemantauan Sampah, Manajemen Sampah

Abstract

Sampah merupakan hal yang tidak asing lagi bagi manusia saat ini. Bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan berfikir bahwa sampah dapat dibuang dimana saja, bahkan ada yang meletakkan sampah dengan mudahnya sambil meninggalkan sampah tersebut secara sembarangan tanpa berpikir bahwa ada tempat sampah yang layak dan sesuai dengan peruntukannya. Ketidaksadaran dalam membuang sampah secara sembarangan inilah yang dapat merusak pemandangan di area sekitar tempat itu. Saat ini, sangat banyak produk-produk sampah yang pintar di pasaran dalam memecahkan permasalahan sampah bahkan memudahkan pemiliknya. Namun, produknya sangat mahal dan biasanya setiap orang sudah menyediakan tempat sampahnya sendiri dirumah. Oleh karena itu, kami mengusulkan sebuah aplikasi DIY (Do It Yourself) Smart Trash berbasis IoT (Internet of Things) Open Platform. Aplikasi DIY Smart Trash dengan IoT Open Platform ini terdiri dari platform terbuka yang menyediakan monitoring web dan visualisasi interaktif yang ditampilkan dalam dashboard, layanan MQTT (MQ Telemetry Transport), Kafka, database untuk menerima data dan push notification untuk dapat memberitahukan kepada pengguna. Kami juga mnggunakan sistem embedded dan menyediakan source code untuk Arduino, Redbear, Raspberry Pi3 dan Raspberry Pi Zero W untuk membangun DIY Smart Trash. Dengan menggunakan aplikasi DIY Smart Trash, secara tidak langsung dapat mengurangi biaya manajemen sampah di setiap rumah. Selain itu dari segi harga, DIY Smart Trash memiliki harga yang lebih terjangkau daripada yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. Indonesia. Pengelolaan Sampah. Jakarta: Sekretariat Negara. 2008.
[2] R. P. N. Budiarti, N. Widyatmoko, M. Hariadi, dan M. H. Purnomo. Web scraping for automated water quality monitoring system: A case study of PDAM Surabaya. In 2016 International Seminar on Intelligent Technology and Its Applications (ISITIA). 2016; 641–648. [3] R. P. N. Budiarti. Klasifikasi Air Sungai Berbasis Kombinasi Teknologi Iot-Big Data Menggunakan SVM. Thesis. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 2016.
[4] MQTT-MQ Telemetry Transport, http://mosquitto.org/man/mqtt-7.html diakses tanggal 8 november 2018.
[5] A. Bashir, S. A. Banday, A. R. Khan, dan M. Shafi. Concept, Design and Implementation of Automatic Waste Management System. International Journal on Recent and Innovation Trends in Computing and Communication. 2013. ISSN 2321-8169.
[6] S. M. Chaware, S. Dighe, A. Joshi, N. Bajare, dan R. Korke. IJIREEICE IJIREEICE Smart Garbage Monitoring System using Internet of Things (IOT). Int. J. Innov. Res. Electr. Electron. Instrum. Control Eng. ISO. 2007; 3297(1). ISSN 2321–5526.
[7] M. H. Berlian, T. E. R. Sahputra, B.J. Wahana Ardi, L.W., Dzatmika, A. R. A. Besari, R.W. Sudibyo, S. Sukaridhoto. Design and implementation of smart environment monitoring and analytics in real-time system framework based on internet of underwater things and big data. In 2016 International Electronics Symposium (IES). 2016; 403–408.
[8] Arsitektur HC-SR04, https://github.com/mochman/MMM-Swipe diakses tanggal 10 november 2018.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Budiarti, R. P. N., Maulana, J., & Sukaridhoto, S. (2018). Aplikasi DIY Smart Trash berbasis IoT Open Platform. Applied Technology and Computing Science Journal, 1(2), 93–104. https://doi.org/10.33086/atcsj.v1i2.857

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)