THE SYMBOLIC MEANING OF ULOS IN THE IMPLEMENTATION OF WEDDINGS IN THE TOBA BATAK COMMUNITY IN BANDA ACEH

Authors

  • Ester Delima Sianturi Universitas Syiah Kuala
  • Sanusi Syiah Kuala University, Banda Aceh
  • Muhammad Yunus Syiah Kuala University, Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.33086/cdj.v7i3.5198

Keywords:

Symbolic meaning, ulos, wedding

Abstract

Makna simbolik ulos dalam pelaksanaan pernikahan masyarakat Batak Toba di Banda Aceh berarti makna ulos pada pernikahan masyarakat Batak Toba. Ulos dalam masyarakat Batak Toba memiliki arti yang sangat penting dalam segala kegiatan adat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pemberian ulos pada suatu pernikahan, mendeskripsikan dan menganalisis makna simbolik kain dalam proses pernikahan adat masyarakat Batak Toba serta mendeskripsikan dan menganalisis pergeseran pelaksanaan pemberian ulos dari daerah asal Batak Toba ke yang ada di Banda Aceh.In penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di tiga kecamatan di Banda Aceh, yaitu Kecamatan Kuta Alam, Kecamatan Jaya Baru, Kabupaten Kutaraja dengan mengambil tiga informan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Ulos digunakan sebagai perantara untuk menunjukkan cinta, kasih sayang dan doa atau harapan dari pemberi kepada penerima ulos. Ulos digunakan dalam semua acara adat masyarakat Batak Toba, baik suka maupun duka. 2) Makna memberikan ulos kepada calon pengantin adalah sebagai simbol bahwa kedua mempelai sah di mata tradisi. 3) Menjaga dan merawat ulos itu sendiri tergantung pada masing-masing keluarga yang memiliki ulos tersebut. Pada pesta pernikahan, baik di daerah asli Batak Toba maupun di luar negeri, proses menjepit ulos tidak berbeda. Masyarakat Batak di Banda Aceh juga berharap dapat melakukan kegiatan adat secara terbuka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. (2019). Ethnomathematical Exploration of the Toba Batak Ulos Cloth to Reveal the Philosophical Value of the Concept.

Butar Butar, K. (2018). Aesthetic Form and Symbolic Meaning of Ulos Batak North Sumatra.

Erlana, Y. (2016). Visual Study of Pattern Diversity.

Hardiman, F.B. (1992). Clifford Geertz's Cultural Interpretation. Yogyakarta: Kanisius.

Harwanto, DC (2021). Kentrung Art in Jepara Regency: A Study of Symbolic Interactionism.

Johannes Budiman, SR (2019). Structure and Function of Giving Ulos at Toba Batak Ethnic Weddings.

Vergouwen, J. C. (2004). Toba Batak Society and Customary Law. Jakarta: LKiS.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Sianturi, E. D., Sanusi, & Muhammad Yunus. (2023). THE SYMBOLIC MEANING OF ULOS IN THE IMPLEMENTATION OF WEDDINGS IN THE TOBA BATAK COMMUNITY IN BANDA ACEH. Community Development Journal, 7(3), 182–185. https://doi.org/10.33086/cdj.v7i3.5198