PENGENALAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENDUKUNG EDUKASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH DI GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.33086/cdj.v4i1.1410Keywords:
virtual reality, augmented reality, edukasiAbstract
Dunia telah memasuki zaman Industry 4.0, dimana teknologi pendukungnya adalah Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Saat ini teknologi VR/AR sudah semakin berkembang pesat, sudah banyak peneliti dan industri yang mengembangkan aplikasi VR/AR. VR adalah teknologi komputer yang mampu memreplikasi lingkungan real maupun hayal dan mampu menstimulasi kondisi fisik pengguna sehingga mampu berinteraksi. Perangkat yang digunakan untuk dapat menggunakan teknologi VR ada berbagai macam, dari perangkat Head-Mounted-Display, perangkat masukan, perangkat lunak, konten, hingga perangkat gabungan. Pengetahuan tentang teknologi VR ini bias didapat dari Internet. Namun apakah teknologi ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya sekolah sebagai pendukung kegiatan edukasi? terutamanya oleh siswa menengah dalam membantu siswa untuk belajar dan mencari pengetahuan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Kami mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “Pengenalan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality sebagai Pendukung Edukasi untuk Siswa Menengah di Gresik”. Dimana dalam kegiatan tersebut Kami menjelaskan cara kerja teknologi VR/AR, implementasi penggunaan teknologi VR/AR berserta contoh-contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk edukasi, dan penjelasan tentang aplikasi VR/AR yang tidak baik untuk siswa. Dari hasil pengamatan didapatkan bahwa 80% penggunaan teknologi VR/AR mudah dan berguna untuk edukasi, namun untuk implementasinya masih membutuhkan biaya.
Downloads
References
S. Sukaridhoto, Tarmizi Erfandi, Muhammad Fuji Cahyo Kurniawan, Luthfi Hidayat, Sumartini, “Evaluating Virtual Reality Technology for Indonesian Junior High School Education: A Survey” ESL Bandung Indonesia, 2016.
Choiri, M.M., Basuki, A., Bagus, A.Y., Sukaridhoto, S. and Jannah, M., 2017, September. Design and development virtual reality athletic—Virtual imagery to train sprinter's concentration. In 2017 International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC) (pp. 161-166). IEEE.
Rengganis, Y. A., M. Safrodin, and S. Sukaridhoto. "Integration Head Mounted Display Device and Hand Motion Gesture Device for Virtual Reality Laboratory." IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. Vol. 288. No. 1. IOP Publishing, 2018.
Sumartini, Sritrusta Sukaridhoto, “An Interactive EBook of Civic Education for Indonesian Junior High School”, ESL Bali Indonesia, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Sritrusta Sukaridhoto, Hestiasari Rante, Dr, Rizqi Putri Nourma Budiarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.