PENGENALAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENDUKUNG EDUKASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH DI GRESIK

Authors

  • Sritrusta Sukaridhoto Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Hestiasari Rante Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Dr Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Rizqi Putri Nourma Budiarti Universita Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/cdj.v4i1.1410

Keywords:

virtual reality, augmented reality, edukasi

Abstract

Dunia telah memasuki zaman Industry 4.0, dimana teknologi pendukungnya adalah Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Saat ini teknologi VR/AR sudah semakin berkembang pesat, sudah banyak peneliti dan industri yang mengembangkan aplikasi VR/AR. VR adalah teknologi komputer yang mampu memreplikasi lingkungan real maupun hayal dan mampu menstimulasi kondisi fisik pengguna sehingga mampu berinteraksi. Perangkat yang digunakan untuk dapat menggunakan teknologi VR ada berbagai macam, dari perangkat Head-Mounted-Display, perangkat masukan, perangkat lunak, konten, hingga perangkat gabungan. Pengetahuan tentang teknologi VR ini bias didapat dari Internet. Namun apakah teknologi ini sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya sekolah sebagai pendukung kegiatan edukasi? terutamanya oleh siswa menengah dalam membantu siswa untuk belajar dan mencari pengetahuan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, Kami mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “Pengenalan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality sebagai Pendukung Edukasi untuk Siswa Menengah di Gresik”. Dimana dalam kegiatan tersebut Kami menjelaskan cara kerja teknologi VR/AR, implementasi penggunaan teknologi VR/AR berserta contoh-contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk edukasi, dan penjelasan tentang aplikasi VR/AR yang tidak baik untuk siswa. Dari hasil pengamatan didapatkan bahwa 80% penggunaan teknologi VR/AR mudah dan berguna untuk edukasi, namun untuk implementasinya masih membutuhkan biaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Sukaridhoto, J. Mahmud Hasbulloh, P. Nugroho, L. Hakim, "A Design of 3D Virtual Reality Chemical Lab with Hand Gesture Interaction for Education", in The 5th Annual Basic Science International Conference 2015, pp. 139.
S. Sukaridhoto, Tarmizi Erfandi, Muhammad Fuji Cahyo Kurniawan, Luthfi Hidayat, Sumartini, “Evaluating Virtual Reality Technology for Indonesian Junior High School Education: A Survey” ESL Bandung Indonesia, 2016.
Choiri, M.M., Basuki, A., Bagus, A.Y., Sukaridhoto, S. and Jannah, M., 2017, September. Design and development virtual reality athletic—Virtual imagery to train sprinter's concentration. In 2017 International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES-KCIC) (pp. 161-166). IEEE.
Rengganis, Y. A., M. Safrodin, and S. Sukaridhoto. "Integration Head Mounted Display Device and Hand Motion Gesture Device for Virtual Reality Laboratory." IOP Conference Series: Materials Science and Engineering. Vol. 288. No. 1. IOP Publishing, 2018.
Sumartini, Sritrusta Sukaridhoto, “An Interactive EBook of Civic Education for Indonesian Junior High School”, ESL Bali Indonesia, 2014.

Downloads

Published

2020-07-03

How to Cite

Sukaridhoto, S., Rante, H., Agus Zainuddin, M., & Putri Nourma Budiarti, R. . (2020). PENGENALAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY DAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENDUKUNG EDUKASI UNTUK SEKOLAH MENENGAH DI GRESIK. Community Development Journal, 4(1). https://doi.org/10.33086/cdj.v4i1.1410