EVALUASI STRATEGI BERSAING DIFFERENSIASI PT TERMINAL TELUK LAMONG PADA PELAYANAN BONGKAR MUAT PETIKEMAS: STUDI BANDING ANTAR TERMINAL PETIKEMAS DI LINGKUNGAN PELABUHAN TANJUNG PERAK

Authors

  • Arief Budiman
  • Bambang Tjahjadi

DOI:

https://doi.org/10.33086/bfj.v4i2.1290

Keywords:

Kata Kunci: Strategi Bersaing, Differensiasi, Pelayanan Bongkar Muat

Abstract

Peranan usaha dibidang peti kemas (bongkar muat) memberikan dampak positif bagi indutri lain terkait dengan kegiatan yang bisa mengatur, menata dan mengembangkan kegiatan logistik dan pendistribusian barang. Fungsi pelabuhan yaitu sebagai solusi terbaik untuk mengurangi kepadatan dan mempercepat proses distribusi barang.

            Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi penerapan strategi bersaing differensiasi PT Terminal Teluk Lamong di Lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak yang diterapkan selama ini dan memberikan rekomendasi atas penerapan strategi bersaingdifferensiasiPT Terminal Teluk Lamong dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa peti kemas di Lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sampel dari penelitian ini yaitu key informan dengan menggunakan purposive sampling serta melakukan wawancara.

            Hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi PT Terminal Teluk Lamong dapat menunjang peningkatan kinerja bongkar muat petikemasdengan pemanfaatan high technology system, konsep Go Green Portserta didukung sumber daya manusia yang disiapkan untuk menunjang setiap perubahan yang dilakukan perusahaan. Rekomendasi yang diberikan yaitu konsisten mempertahankan konsep strategi Go GreenPort, terus berinovasi dengan fokus memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR KEPUSTAKAAN
Asihra, R.R. (2018). Strategi PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO) I Persero Dalam Implementasi Pelayanan Jasa Bongkar Muat Barang Di Pelabuhan Belawan. Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sumatera Utara Medan.
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta : Putra Grafika.
Creswell, J.W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Damanik, S. (2012). Strategi Bersaing ‘Low Cost Carrier’ PT. Merpati Nusantara Airlines. Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya.
Griffin, J. (2009). Customer Loyalty: How to Learn it, How to Keep it. Jakarta: Erlangga
Gurning et al. (2007). Manajemen Bisnis Pelabuhan. Surabaya: PT Andhika Prasetya Ekawahana.
Hermanto, A.W. (2008). Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Terminal Peti Kemas Semarang. Magister Teknik Sipil Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro Semarang.
Hill, C.W.L., dan Jones, G.R. (2008). Strategic Management An Integrated Approach. Mason, Ohio : South-Western Cengage Learning.
Istijanto. (2005). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kramadibrata, S. (2002). Perencanaan Pelabuhan. Bandung: Institut Teknik Bandung.
Kuncoro, M. (2012). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kuntjoroadi, W dan Safitri, N. (2009). Analisis Strategi Bersaing dalam Persaingan Usaha Penerbangan Komersial. Jurnal Imu Administrasi dan Organisasi. Vol 16 No 1. Hal: 45 -52.
Lapod, J. (2016). Analisis Penentuan Strategi Dalam Lingkungan Bisnis Yang Kompetitif Studi Kasus Pada PT. Pelindo IV (Persero). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen.Vol 4 No.1. Hal: 33-48.
Lesal, I. (2015). Analisa Internal dan Ekternal Pada CV. Gading Mas Surya Sidoarjo Dalam Rangka Strategi Bersaing. Jurnal AGORA Vol 03 No 02. Hal: 148 – 157.
Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Odeth, S. (2017). Analisis Strategi Bersaing Usaha Layanan Transportasi Online (Studi Pada Indotiki Di Kota Medan). Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Poltik Universitas Sumatera Utara Medan.
Pearce II, J.A., dan Robinson, R.B.Jr. (2008). Manajemen Strategis Edisi ke 10. Jakarta : Salemba Empat.
Pitoy, C.V., Tumbel., Altje., dan Tielung, M. (2016). Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada PT. Astragraphia, Tbk Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol 16 No 03. Hal: 302 – 312.
Porter, M.E. (2001). Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta: Erlangga.
Robbins, S.P., dan Coulter, M. (2010). Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
Rothaermel, F.T. (2013). Strategic Management: Concepts and Cases. New York: McGraw-Hill Irwin.
Rusly, C.O., dan Indriyani, R. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Pada PT. Sariadi Wahana Jasa Di Surabaya. Jurnal AGORA Vol 01 No 01.
Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Satori, D., dan Komariah, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supriyono. (2010). Analisis Kinerja Terminal Peti Kemas Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Universitas Diponegoro Semarang.
Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Salemba.
Tampi, N.H.R. (2015). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan Dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada PT.Telkomsel Grapari Manado). Jurnal EMBA Vol.3 No.4. Hal : 68-81.
Triatmodjo, B. (2009). Perencanaan PelabuhanYogyakarta: Beta Offset.
Ulfany, W., dan Anwar. (2017). Kajian Kinerja Pelayanan General Cargo Terminal Jamrud Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Jurnal Rekayasa Sipil Vol 11 No 03. Hal : 245 – 252.
Vredenbregt, J. 1980. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Van Hove.
Wahono, D. (2015). Terminal Petikemas pada Pelabuhan Internasional Pantai Kijing di Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Pontianak. Jurnal Online Mahasiswa Arsitektur Universitas Tanjungpura. Vol 03 No 01. Hal: 37 -55.
Yin, R.K. (2011). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Zyman, S. (2000). The End of Marketing as We Know it. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2019-11-19

How to Cite

Budiman, A., & Tjahjadi, B. (2019). EVALUASI STRATEGI BERSAING DIFFERENSIASI PT TERMINAL TELUK LAMONG PADA PELAYANAN BONGKAR MUAT PETIKEMAS: STUDI BANDING ANTAR TERMINAL PETIKEMAS DI LINGKUNGAN PELABUHAN TANJUNG PERAK. Business and Finance Journal, 4(2), 81–92. https://doi.org/10.33086/bfj.v4i2.1290