PROFIL KELAINAN KULIT PADA PASIEN DERMATITIS ATOPIK ANAK DAN DEWASA

Authors

  • Winawati Eka Putri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Maimunah Faizin Faizin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • khamidah khamidah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • nur ainiyah

DOI:

https://doi.org/10.33086/jhs.v12i1.871

Keywords:

Dermatitis atopik, Kelainan kulit, Pasien anak dan dewasa.

Abstract

Dermatitis atopik merupakan peradangan kulit berupa dermatitis kronis residif, disertai rasa gatal, dan dapat mengenai atau menyerang bagian tubuh tertentu. Anak-anak lebih sering terkena dermatitis atopik dan 50% menghilang saat remaja tetapi terkadang menetap dan muncul saat dewasa, atau bahkan baru mulai muncul saat usia dewasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil kelainan kulit pada pasien dermatitis atopik anak dan dewasa.

 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan desain retrospektif. Sampel penelitian ini yaitu pasien anak dan dewasa yang didiagnosis dermatitis atopik di URJ Kulit dan Kelamin RSI Jemursari Surabaya tahun 2014-2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari rekam medis pasien.

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah 44 orang (15 pasien anak, 29 pasien dewasa pada pasien anak didapatkan 10 tempat predileksi lesi dan total yang didapatkan yaitu 22 tempat predileksi dengan tempat predileksi lesi yang paling banyak pada kaki (27,3%). Sedangkan pada 29 sampel pada pasien dewasa, didapatkan 22 tempat predileksi lesi dan total yang didapatkan yaitu 52 tempat predileksi dengan tempat predileksi lesi yang paling banyak adalah  Lengan sebanyak 7 orang (13,5%)

Pasien Anak yang mengalami Dermatitis Atopik  didapatkan hampir setengahnya tempat predileksi lesi pada kaki dan jenis lesinya macula eritema. Sedangkan pada pasien Dewasa sebagian kecil tempat predileksi lesi pada lengan dengan jenis lesi pada macula eritema.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-02-11

How to Cite

Putri, W. E., Faizin, M. F., khamidah, khamidah, & ainiyah, nur. (2019). PROFIL KELAINAN KULIT PADA PASIEN DERMATITIS ATOPIK ANAK DAN DEWASA. Journal of Health Sciences, 12(1), 102–109. https://doi.org/10.33086/jhs.v12i1.871

Most read articles by the same author(s)