An An Educational Video For Earthquake Disaster Preparedness In Students At St. Aloysius Weetabula Christian Middle School, Southwest Sumba

Authors

  • Wahyu Dini Metrikayanto Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • V Gonsalves

DOI:

https://doi.org/10.33086/jhs.v14i02.1690

Keywords:

Edukasi, Gempa Bumi, Kesiapsiagaan Bencana, Video

Abstract

Bencana gempa bumi dapat memberikan dampak bahaya dan ancaman atau kerugian bagi masyarakat. Diperlukan upaya untuk mencegah dan meminimalisir dampak dari gempa bumi. Edukasi  kesiapsiagaan bencana dengan media video dinilai efektif dalam peningkatan kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi video kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada siswa SMPK St. Aloysius Weetabula Sumba Barat Daya. Desain penelitian menggunakan One-Group Pra-Post Test Design. Penelitian ini dilakukan di SMPK St Aloysius Weetabula Sumba Barat Daya pada 25 februari – 6 Maret 2020. Populasi penelitian ini adalah 338 siswa – siswi di SMPK St Aloysius Weetabula Sumba Barat Daya dan sampel sejumlah 327 responden dengan teknik simple random sampling. Variabel dependent dalam penelitian ini adalah kesiapsiagaan bencana gempa bumi.  Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisa data bivariat yang digunakan yaitu uji marginal homogeneity (p value < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan edukasi video kesiapiagaan bencana sebagian besar peserta (59,9%) memiliki kesiapsiagaan kurang sedangkan sesudah edukasi video, sebagian besar peserta (54,1%)  memiliki kesiapsiagaan baik. Hasil uji marginal homogeneity menunjukkan p value= (0,000).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

V Gonsalves

Universitas Tribhuwana Tunggadewi

References

Addiarto, Widya., dan Wahyusari, Shinta. 2018. Strategi Terkini Simulasi Bencana dengan Media Tabletop Disaste Execise (TDE). Malang: Universitas Wisnuwhardana Malang Press.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2016.Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

BNPB. 2017. Membangun Kesadaran Kewaspadaan dan Kesiapan dalam Menghadapi Bencana. Jakarta: Badan Nasional Penangglangan Bencana.

BNPB. 2018. Panduan Kesiapsiagaan Bencana untuk Keluarga. Jakarta: Badan Nasional Penangglangan Bencana.

Dien, Riedel Jiemly., Kumaat, Lucky., Malara, Reginus. 2015. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi pada SiswaSMP Kristen Kakaskasen Kota Tomohon. E-Journal Keperawatan, Vol.3, No.2. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/8036. Akses Tanggal 7 Mei 2019, Pk.19:00.

Emami, Sinsiana Besti. 2015. Pengaruh Penyuluhan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi terhadap Pengetahuan Siswa di SD Muhammadiyah Trisigan Murtigading Sanden Bantul. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah, Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/165/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. Akses Tanggal 7 Mei 2019, Pk.19:10.

Fitriani, Sinta. 2011. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hidayat, Aziz Alimun. 2012. Metode Penelitian kebidanan dan Teknik Analisis Data (Ed 1). Jakarta: Salemba Medika.

Hidayati, Deny. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Gempa dan Tsunami. Jakarta: LIPI-UNESCO-ISDR.

Husna. C. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapsiagaan Bencana Di RSUDZA Banda Aceh.Vol . III. 2

Maryani, Enok. 2010. Model Pembelajaran Mitigasi Bencana dalam Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Mathilde, Dhora., dan Boyce, Natalie Pope. 2008. Bertindak Cepat-Tepat Kenali dan Kurangi Risiko Bencana. Jakarta: PMI.

Mongkau, Fernando M. 2018. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap

Kesiapsiagaan Bencana Menghadapi Bencana Gempa Bumi di SMP Negeri 5 Passi. Naskah Publikasi, Program Studi S1 Keperawatan, STIKEs Graha Medika Kotamobagu. https://ejournalhealth.com/index.php/CH/article/download/780/765. Akses Tanggal 7 Mei 2019, Pk.19:05.

Mubarak, Wahit Iqbal. 2007. Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Mustafa, Badrul. 2010. Analisis Gempa Bumi dan Gempa Sumatera barat dan Kesamaan yang tidak Menimbulkan Tsunami. Jurnal Ilmu Fisika (JIF), Vol.2, No.1. http://jif.fmipa.unand.ac.id/index.php/jif/article/view/46. Online, Akses Tanggal 24 September 2019, Pk.15:00.

Pawirodikromo, Widodo. 2012. Seismologi Teknik Rekayasa Kegempaan. Yogyakarta: Pusaka Pelajar

Permatasari. D, Suciana.F. 2019. Pengaruhb Edukasi Audio Visual Dan Role Play Terhadap Perilakusiaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar.

Sadiman, Arief S., R. Rahardjo., Anung Haryono., Rahardjito. 2012. Media Pendidikan (Edisi 1 Cetakan 16). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sari, N, P. 2014. Peran Simulasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Kelas VII Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di MTS Negeri Gantiwarno Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten. Skripsi tidak dipublikasikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 13 Juni 2015.

Setiawati, S. 2008. Proses Pembelajaran dalam Pendidikan Kesehatan. Jakarta: TIM.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. https://bnpb.cloud/dibi/laporan5.10 desember 2019.pukul 10.16

Wulandari. F. 2018. Pengaruh Media Vidio Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di SMA Negeri 1 Gantiwarno Klaten. Vol. 3. 2.

Mongkau. M. F. 2018. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di SMP Negeri 5 Passi.

Netrisa, Zaimi., Safriani., Triyo, Rahmat., Arifin Hamdi. 2018. Pemetaan Bahaya Gempabumi Deterministik dengan Pendekatan Peak Ground Acceleration (PGA) di Kota Padang. Pilar of hycis, Vol.11, No.2. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/fis/article/view/4643. Online, Akses Tanggal 29 April 2019, Pk.19:10.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2015. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurchayat, Nuray Anggraini. 2014. Perbedaan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumiantara Kelompok Siswa Sekolah Dasar yang DikeloladenganStrategi Pedagogi dan Andragogi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/13686/1/SKRIPSI.pdf. Online, Akses Tanggal 24 September 2019, Pk.15:01.

Nurjanah. 2011. Manajemen Bencana. Bandung: Afabeta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperwatan Edisi 2). Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam dan Effendi, Ferry. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (Edisi 3). Jakarta: Salemba Medika.

Nurudin. A. 2015. Pengaruh Pelatihan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Imogiri Bantul Yogyakarta.

Paramesti, Chrisantum Aji. 2011. Kesiapsiagaan Masyarakat Kawasan Teluk Pelabuhan Ratu terhadap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami.Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 22 No. 2, Agustus 2011, hlm.113 – 128. http://journals.itb.ac.id/index.php/jpwk/article/viewFile/4138/2223. Online, Akses Tanggal 24 September 2019, Pk.15:02.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Metrikayanto, W. D., & Valabia , V. G. (2021). An An Educational Video For Earthquake Disaster Preparedness In Students At St. Aloysius Weetabula Christian Middle School, Southwest Sumba. Journal of Health Sciences, 14(02), 166–172. https://doi.org/10.33086/jhs.v14i02.1690