Hubungan karakteristik individu (jenis kelamin dan usia) terhadap perkembangan psikososial mahasiswa keperawatan di Surabaya

Authors

  • Diyan Mutyah STIKES Hang Tuah Surabaya
  • Nisha Dharmayanti Rinarto STIKES Hang Tuah Surabaya
  • Sukma ayu candra Kirana STIKES Hang tuah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/jhs.v13i01.1317

Keywords:

Perkembangan Psikosial, Dewasa Muda, Usia, Jenis Kelamin

Abstract

Usia dewasa merupakan tahapan yang diawali dengan masa transisi dari masa remaja hingga masa dewasa yang melibatkan pengalaman dan eksplorasi yang disebut dengan emerging adulthood (Papalia, DE, Olds S.W., Feldman, R.D, 2008) tahap perkembangan psikososial manusia dimana individu mulai menerima dan memikul tanggung jawab yang lebih berat. Tahap usia dewasa ini hubungan intim mulai didalami dan mengalami perkembangan, hal ini sejalan dengan masa reproduktif yang mulai sempurna. Keintiman yaitu bagaimana individu mampu membina hubungan intim/dekat dan cinta dengan orang lain.Tujuan dari penelitian ini yaitu mendapatkan gambaran perkembangan psikososial mahasiswa keperawatan di wilayah Surabaya menggunakan kuesioner keintiman.

Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan menggunakan teknik sampling kuota sampling dan jumlah sampel 150 mahasiswa keperawatan dari 2 intitusi keperawatan wilayah Surabaya. Hasil dalam penelitian ini yang meneliti tentang perkembangan psikososisal pada dewasa muda didapatkan hasil sebagian besar perkembangan psikososisal kurang optimal dengan 52 responden (34,7%), karena faktor umur yang sebagian besar berusia 18 tahun. 4.        Terdapat hubungan yang signifikan antara perkembangan psikososil mahasiswa dengan jenis kelamin mahasiswa Chi-square   = 0,007

            Maka perlu adanya kegiatan yang dapat menunjang perkembangan psikososial pada mahasiswa, terutama dalam menunjang perkembangan intimasi sehingga perkembangan intimasi pada mahasiswa dapat optimal. Kegiatan yang dapat dilakukan seperti adanya kegiatan sharing antara mahasiswa dengan dosen sehingga dosen dapat membantu mahasiswa dalam memenuhi tugas-tugas perkembangannya, serta mahasiswa perlu berperan aktif dalam melatih diri untuk meningkatkan perkembangan intimasi pada diri mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, F. N. (2015) Pengalaman Depresi Orang Dewasa Dengan HIV/AIDS Dalam Menjalani Tugas Perkembangan Psikososial. Universitas Indonesia.

Ega, A. (2012) Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik ; Dewasa Muda Terhadap Perkembangan Intimasi Pada Mahasiswa Akademi Keperawatan Kabupaten Subang dan Sumedang Provisi Jawa Barat. Universitas Indonesia.

Fortinash, K. M. and Worret, P. A. H. (2012) Psychiatric Mental Health Nursing. 3rd Editio. Mosby, USA.

Hidayat, A. A. (2009) Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Salemba Medika.

Indonesia, S. K. R. (2017) 60% Penduduk Usia Produktif, Presiden Jokowi: Ini Peluang Kita Menangkan Persaingan. Indonesia. Available at: https://setkab.go.id/60-penduduk-usia-produktif-presiden-jokowi-ini-peluang-kita-menangkan-persaingan/.

Ishak, N. et al. (2011) ‘Moderating Effect of Gender and Age on the Relationship between Emotional Intelligence with Social and Academic Adjustment among First Year University Students’, International Journal of Psychological Studies, 3, pp. 78–79.

Latifah, D. (2005) Fungsi dan Dampak Persahabatan Lawan Jenis Terhadap Kepuasan Pernikahan Dewasa Muda dan Dewasa Madya. Universitas Indonesia.

Papalia et al. (2008) Human Development Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pieter, H. Z., Janiwarti, B. and Saragih, M. (2011) Pengantar Psikopatologi untuk Keperawatan. Edisi 1. Jakarta: Kencana.

Potter, P. A. and Perry, A. G. (2005) Fundamental Keperawatan : Konsep, proses dan praktis. Edited by Y. Asih et al. Jakarta: EGC.

Santrock, J. W. (2003) Life-span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Utami, C. and Murti, H. A. S. (2017) Hubungan Antara Kelekatan dengan Orang Tua dan Keintiman dalam Berpacaran pada Dewasa Awal. Universitas Kristen Satya Wacana.

Wiska, N. (2014) Hubungan Usia, Jenis Kelamin, Masa Studi dan Pengalaman Praktikum di Rumah Sakit dengan Tingkat Kecerdasan Emosional Mahasiswa Ilmu Keperawatan. Universitas Indonesia.

Yulianto, Lestari, Y. A. and Suwito, E. D. (2017) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Psikososial Anak di TK PKK XI Winong Gempol Kabupaten Pasuruan’, Jurnal Nurse and Health, 6(2), pp. 21–29.

Published

2020-02-05

How to Cite

Diyan Mutyah, Nisha Dharmayanti Rinarto, & ayu candra Kirana , S. . (2020). Hubungan karakteristik individu (jenis kelamin dan usia) terhadap perkembangan psikososial mahasiswa keperawatan di Surabaya. Journal of Health Sciences, 13(01), 58-65. https://doi.org/10.33086/jhs.v13i01.1317