ENDORPHIN MASSAGE EFEKTIF MENURUNKAN NYERI PUNGGUNG IBU HAMIL TRIMESTER III

Authors

  • wulan diana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Artha Bodhi Iswara

DOI:

https://doi.org/10.33086/jhs.v12i02.1128

Abstract

Setiap ibu hamil trimester III akan mengalami perubahan fisiologis yang meliputi perubahan fisik dan psikologis. Salah satu perubahan fisik yang dialami ibu hamil trimester III adalah nyeri punggung yang menimbulkan ketidaknyamanan selama kehamilan. Endorphin massage merupakan terapi nonfarmakologi berupa sentuhan/pijatan ringan yang penting untuk diberikan pada ibu hamil diwaktu menjelang sampai saatnya melahirkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan endorphin massage terhadap penurunan nyeri punggung ibu hamil trimester III di BPM Lulu Surabaya.

     Rancangan penelitian menggunakan Quasi-Eksperimental dengan menggunakan metode pendekatan one group pre-post test design. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu 20 ibu hamil trimester III yang mengalami nyeri punggung di BPM Lulu Surabaya. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi skala nyeri yang dianalis dengan uji Wilcoxon.

     Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan endorphin massage sebagian besar ibu yang mengalami nyeri punggung sedang sebanyak 12 orang (60%). Setelah dilakukan endorphin massage sebagian besar ibu mengalami nyeri punggung ringan yaitu 14 orang (70%). Dari hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon didapatkan nilai ρ = 0,000 < α = 0,05 yang menunjukkan bahwa ada keefektifan yang sifnifikan endorphin massage terhadap penurunan nyeri punggung ibu hamil trimester III di BPM Lulu  Surabaya.

     Endorphin massage dapat dijadikan alternatif terapi non farmakologis untuk menurunkan nyeri punggung yang dialami oleh ibu hamil trimester III. Sehingga bidan dapat melakukan pelayanan dengan memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil trimester III yang mengalami keluhan nyeri punggung dengan melakukan teknik endorphin massage.

Kata kunci : Endorphin Massage, Nyeri Punggung

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-31

How to Cite

diana, wulan. (2019). ENDORPHIN MASSAGE EFEKTIF MENURUNKAN NYERI PUNGGUNG IBU HAMIL TRIMESTER III. Journal of Health Sciences, 12(02), 62–70. https://doi.org/10.33086/jhs.v12i02.1128