PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI INFORMAL DI SDN MARGOREJO 1 SURABAYA

Authors

  • umintrah anwar SDN Margerejo I Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i2.1305

Keywords:

Kompetensi, Pedagogik, Supervisi Informal

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi informal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan ceklis. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian tindakan sekolah menunjukkan kompetensi pedagogik guru meningkat dari siklus ke siklus, pada pra siklus nilai rata-rata kompetensi pedagogik guru di SDN Margorejo I adalah 59,79 dengan  21 %  guru yang memiliki kriteria kurang, dan 79 % guru memiliki kriteria cukup. Pada siklus I (pertama)terjadi peningkatan 20,83 %. Pada siklus II (kedua) juga terjadi peningkatan sebesar 70,82 % pada kriteria baik, dari 20,83% pada siklus I (pertama)meningkat menjadi 91,67% pada siklus II (kedua). Pada siklus II (kedua) ini indikator ketercapaian kompetensi pedagogik guru sudah mencapai lebih dri 80% baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyak, I.M Dan Bakar, Y.A. 2013. Implementation of teachers pedagogy competence to optimizing learners development in public primary school in indonesia. International journal of education and research, 1(9) : 3.

Mata, Liliana. 2014. Pedagogical Competencies For Mother – Tongue Teacher Education. Education science & practice International journal, 14 (1):346-347.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (1993). Supervison : redefinition . New York : McGraw-Hill, INC.

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiadi. 2014. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-10-25

How to Cite

anwar, umintrah. (2019). PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI SUPERVISI INFORMAL DI SDN MARGOREJO 1 SURABAYA. Education and Human Development Journal, 4(2), 61–69. https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i2.1305