##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Devy Intan Pujiawati

Abstract

Pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan bentuk rancangan nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK Handayani dan kelompok A TK Dharma Wanita dengan jumlah sampel penelitian 80 anak. Data penelitian dikumpulkan dengan
teknik observasi dan dokumentasi menggunakan pedoman observasi perkembangan kognitif dan sains dan sains. Pada penelitian ini, analisis data dilakukan menggunakan SPSS 22 For Windows dengan menggunakan uji ANOVA dan MANOVA. Berkaitan dengan tujuan: (1) ada pengaruh perkembangan kognitif terhadap penguasaan konsep bilangan anak TK A di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan, hal ini terbukti dari uji ANOVA yang menunjukkan hasil Fhitung
sebesar 256.183 lebih besar daripada Ftabel 3,11 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (sig < 0,005) (2) metode
eksperimen berpengaruh terhadap perkembangan sains anak TK A di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan, hal ini terbukti dari uji ANOVA yang menunjukkan hasil Fhitung sebesar 273.140 lebih besar daripada Ftabel 3,11 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (sig < 0,005) (3) metode eksperimen
berpengaruh terhadap perkembangan kognitif dan sains anak TK A di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan, hal ini terbukti dari uji MANOVA yang menunjukkan hasil Fhitung sebesar 164.637 dengan signifikansi sebesar 0,00. Nilai Fhitung lebih besar dari pada Ftabel 3,11 dengan taraf 5% atau 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Pujiawati, D. I. (2017). PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SAINS ANAK TK A DI KECAMATAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN. Education and Human Development Journal, 3(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.85
Section
Articles
experimental method, cognitive development, development of science

Devy Intan Pujiawati