MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MENULIS PUISI BEBAS DENGAN METODE “CONFERENCE WRITING” DI SDN KESAMBEN I KECAMATAN PLUMPANG TUBAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode
conference writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas di
SDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. (2) Meningkatkan
kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas dengan menerapkan metode conference
writing di SDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Desain
penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadi
dua siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa
kelas VI di SDN Kesamben I Plumpang Tuban tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 14 siswa,
terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan
menggunakan persentase dan rata-rata. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)
Pembelajaran dengan menerapkan metode conference writing dapat meningkatkan kemampuan siswa
kelas VI dalam menulis puisi bebas di SDN Kesamben I Kecamatan Plumpang Tuban semester II
tahun pelajaran 2014/2015. (2) Kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas sebelum
diterapkan metode conference writing mencapai nilai rata-rata 56,75 (kategori kurang) dengan
ketuntasan belajar klasikal yaitu 29%. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,36 (kategori baik)
dengan ketuntasan belajar klasikal 65% (tidak tuntas), dan pada siklus II meningkat nilai rata-rata
yaitu 80,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 86%. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis
puisi bebas dari siklus I ke siklus II sebesar 10,50.
Downloads
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Copyright (c) 2017 Lilik Nuka Anik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.