##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Indah Sulistyaningsih

Abstract

Untuk menyelesaikan soal-soal matematika diperlukan langkah-langkah lain seperti: memahami masalah, merencanakan penyelesaian. Namun kemampuan pemecahan masalah siswa masih kurang aktif dan kreatif. Model pembelajaran yang sesuai adalah open ended karena open ended pendekatan pembelajarannya memberikan keleluasaan berpikir peserta didik secara aktif dan kreatif. Pendidikan karakter peserta didik mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran open ended, dapat dilihat dari data siklus I; 61,86 (sedang) dan pada siklus II menjadi 72,73 (tinggi). Kualitas pembelajaran oleh guru matematika mengalami peningkatan dari skor perolehan pada siklus I sebesar 65,00% (sedang) dan pada siklus II menjadi 76,00% (baik). Penguasaan siswa terhadap materi melalui pembelajaran open ended dengan nilai rata-rata kelas 79,09 pada siklus pertama menjadi 89,47 pada siklus kedua.

Downloads

Download data is not yet available.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Sulistyaningsih, I. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-D SMP NEGERI 26 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015–2016. Education and Human Development Journal, 3(2). https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.56
Section
Articles

Indah Sulistyaningsih