Kreativitas Guru Paud Dalam Penciptaan Gerak dan Lagu Tematik Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • pance mariati

DOI:

https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1783

Keywords:

Kreativitas, Guru Paud; Penciptaan; Gerak lagu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru PAUD dalam penciptaan gerak dan lagu tematik untuk anak usia dini yang meliputi ide gagasan, bentuk dan proses penciptaan gerak dan lagu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memuat deskripsi kreativitas Guru PAUD dalam proses penciptaan gerak dan lagu tematik untuk anak usia dini yang diawali dari penentuan ide gagasan, tahap eksplorasi gerakan, tahap improvisasi gerak dan tahap pembentukan gerakan. Dimana masing-masing tahapan penciptaan gerak dan lagu difokuskan pada gerak dan lagu bertema sesuai dengan tema pembelajaran yang ada di PAUD. Kesimpulan penelitian ini yaitu, bagaimanapun bentuk gerak dan lagu yang diciptakan oleh Guru PAUD hendaknya disesuaikan dengan karakteristik dari peserta didik. Gerak dan lagu yang bagus, adalah gerak yang dilakukan dengan anak-anak menirukan syair yang ada dalam lagu tersebut. Karena gerak dan lagu selain dapat melatih fisiknya, juga dapat melatih Bahasa anak.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, S. (1983). Pengantar Kreativitas Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Hadi, S. (1984). Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

Jazuli, M. (2008). Paradigma Kontestual Pendidikan Seni. Semarang: Unnes Universitas Press.

Fauziddin, M. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Curricula, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.22216/jcc.2016.v2i3.1277

Mariati, P. D., Nahdlatul, U., & Surabaya, U. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatıf Gerak Dan Lagu Tematık Bagı Guru Pos Paud Terpadu ( PPT ) dı Kota Surabaya p. 3, 9–20.

Mariati, P., Nahdlatul, U., Surabaya, U., Markasa, A., & Jombangan, T. N. (2016). Proses Kreatif Ali Markasa Dalam Penciptaan Tari. November, 1–7.

Moleong, L. j. (2007). Deskriptif Kualitatif. 71–74.

Utuh Priyanto. (2013). golden age. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(082134244), 42–52. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/4648/6943

Published

2020-09-30

How to Cite

mariati, pance. (2020). Kreativitas Guru Paud Dalam Penciptaan Gerak dan Lagu Tematik Untuk Anak Usia Dini. Education and Human Development Journal, 5(2), 91-98. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1783