Kreativitas Guru Paud Dalam Penciptaan Gerak dan Lagu Tematik Untuk Anak Usia Dini
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru PAUD dalam penciptaan gerak dan lagu tematik untuk anak usia dini yang meliputi ide gagasan, bentuk dan proses penciptaan gerak dan lagu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memuat deskripsi kreativitas Guru PAUD dalam proses penciptaan gerak dan lagu tematik untuk anak usia dini yang diawali dari penentuan ide gagasan, tahap eksplorasi gerakan, tahap improvisasi gerak dan tahap pembentukan gerakan. Dimana masing-masing tahapan penciptaan gerak dan lagu difokuskan pada gerak dan lagu bertema sesuai dengan tema pembelajaran yang ada di PAUD. Kesimpulan penelitian ini yaitu, bagaimanapun bentuk gerak dan lagu yang diciptakan oleh Guru PAUD hendaknya disesuaikan dengan karakteristik dari peserta didik. Gerak dan lagu yang bagus, adalah gerak yang dilakukan dengan anak-anak menirukan syair yang ada dalam lagu tersebut. Karena gerak dan lagu selain dapat melatih fisiknya, juga dapat melatih Bahasa anak.
Downloads
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Copyright (c) 2020 pance mariati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hadi, S. (1983). Pengantar Kreativitas Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.
Hadi, S. (1984). Koreografi: Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.
Jazuli, M. (2008). Paradigma Kontestual Pendidikan Seni. Semarang: Unnes Universitas Press.
Fauziddin, M. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Curricula, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.22216/jcc.2016.v2i3.1277
Mariati, P. D., Nahdlatul, U., & Surabaya, U. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatıf Gerak Dan Lagu Tematık Bagı Guru Pos Paud Terpadu ( PPT ) dı Kota Surabaya p. 3, 9–20.
Mariati, P., Nahdlatul, U., Surabaya, U., Markasa, A., & Jombangan, T. N. (2016). Proses Kreatif Ali Markasa Dalam Penciptaan Tari. November, 1–7.
Moleong, L. j. (2007). Deskriptif Kualitatif. 71–74.
Utuh Priyanto. (2013). golden age. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(082134244), 42–52. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/4648/6943