Analisis Koherensi Silabi Tematik Terpadu Sekolah Dasar Terkait Tema Binatang dan Tumbuh-Tumbuhan
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Implementasi Kurikulum Tematik Sekolah Dasar di Indonesia telah mengubah fokus pembelajaran dari pembelajaran berfokus pada bidang studi secara terpisah bergeser pada tema dengan beragam kompetensi terpadu (1). Sejalan dengan pendapat Dewey bahwa pendidik perlu menciptakan kegitan kelas yang mengikuti prinsip prinsip keterlanjutan dan keterpaduan (2). Dalam pembelajaran tematik, konten (kompetensi dasar) bidang studi yang relevan terintegrasi dalam pembelajaran tematik. Keterpaduan kompetensi tersebut menunjukkan keterkaitan tema, sub-tema (topik) dan beragam fakta atau informasi (3). Koherensi ketiganya akan memperkuat pemahaman siswa (4). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa koherensi siliabi tematik Sekolah Dasar. Fokus analisis dibatasi pada tema terkait binatang dan tumbuhan. Disain penelitian adalah diskriptif kualitatif. Sumber data dokumen silabi tematik terpadu Kelas I,II, dan III. Instrumen pengumpulan data lembar observasi. Metode analisis adalah Analisis semantik yang fokus pada relasi makna hypernymy dan hyponymy. Hasil analisis menunjukkan koherensi global silabi tematik mendekati sempurna dengan ambiguitas sekitar 12% terkait relevansi dan skop konteks. Sedangkan koherensi lokal mencapai 90% dengan ambiguitas 10%.
Downloads
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Copyright (c) 2020 Edi Pujo Basuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Dewey (1938) Experience and Education. New York: Kalpa Delta Pi.
Freeman dan Sokoloff (1995) Toward a Theory of The-matic Curricula: Contructing New Learning Envi-ronment for Teachers and Learners. Education Policy Analysis Archieves Volume 4 Number 14.
Halliday and Hasan (1976) Coherence and Cohesion. London: Longman.
Hurford, Heasly, and Smith (2007) Semantics. New York: Cambrige University Press..
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2016) Silabus Sekolah Dasar Tematik Terpadu.
Van Dijk (1980) The Semantics and Pragmatics of Func-tional Coherence in Discourse in Journal of Prag-matics 4: 233-252.
Van Dijk (1977) Text and Context. London and New York: Longman.