##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Sri Hartatik Nafiah Nafiah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan numerasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2019 dalam menyelesaikan masalah matematika. Masalah yang diberikan sebanyak 2 soal. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan sebanyak sebanyak 31 orang adalah mahasiswa yang sudah berkerja sebagai guru sekolah dasar yang tersebar di Jawa Timur dan Madura. Kemampuan Numerasi adalah fokus kepada kemampuan siswa dalam menganalisa, memberikan alasan, dan menyampaikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan, dan menginterpretasi masalah-masalah matematika dalam berbagai bentuk dan situasi (PISA). Hasil dari penelitian ini adalah untuk soal 1, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa PPG SD pada indikator yang pertama sebesar 0,7, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator kedua sebesar 1,3 dan nilai rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator ketiga sebesar 1,37. Untuk soal 2, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa PPG SD pada indikator yang pertama sebesar 0,4, rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator kedua sebesar 1 dan nilai rata-rata kemampuan numerasi mahasiswa pada indikator ketiga sebesar 0,9. Hasil dari analisa kedua soal, kemampuan terendah mahasiswa PPG SD daljab dalam menyelesaikan masalah matematika adalah  kemampuan dalam menggunakan simbol atau angka terkait matematika dalam menyelesaikan masalah sehari hari. Sebagian besar mahasiswa PPG SD banyak melakukan kesalahan dalam penulisan angka dan simbol dalam menyelesaikan masalah matematika padahal maksud yang ingin mereka sampaikan sudah benar sehingga akan menimbulkan miskonsepsi bagi yang membaca hasil penyelesaian masalah mereka..


Kata kunci: Kemampuan Numerasi ,  Masalah matematika

Downloads

Download data is not yet available.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Sri Hartatik, & Nafiah, N. (2020). KEMAMPUAN NUMERASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA . Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456
Section
Articles
Kemampuan Numerasi , Masalah matematika

References

Anggo, M. (2011). Pelibatan metakognisi dalam pemecahan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.
Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving Numeracy Education in Rural Schools: A Professional Development Approach. Mathematics Education Research Journal, 23(2), 129.
Kompas.com. 04/12/2019, 13:00 WIB Skor PISA Terbaru Indonesia, Ini 5 PR Besar Pendidikan pada Era Nadiem Makarim", https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all.
Lestari, Eka Karunia., dan Yudhanegara, M. Ridwan, (2015), Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: PT. Refika Aditam
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88/ http://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/331
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR BERKEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61-66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408/ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/3408
Peng, C. F. (2016). PELAKSANAAN PROGRAM LITERASI DAN NUMERASI (LINUS) DI SEKOLAH RENDAH (The Implementation of Literacy and Numeracy (LINUS) Program at Primary School). Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 5(2), 1-11.
Robert Orrill. (2003). Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges. Princeton: National Council on Education and the Disciplines.
Tim, G. L. N. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli). DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2663 / https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/2663

Sri Hartatik, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Nafiah Nafiah, Nahdlatul Ulama University of Surabaya