PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMAN 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan ketika melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL 2), tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan dalam bergaul dan berkomunikasi dengan temannya meskipun dalam satu kelas, kurang adanya keterbukaan dalam menyampaikan pendapat, dan kurang adanya penghargaan terhadap pendapat teman lain. Hal ini menunjukkan kurangnya kemampuan komunikasi interpersonal siswa di SMAN 3 Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan teknik penelitian pre-eksperimental designs dengan bentuk one-group pretest-posttest, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari populasi 200 siswa pada kelas X di SMAN 3 Kota Kediri. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data statistik. Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik diskusi di SMAN 3 Kota Kediri yang dilakukan peneliti kurang maksimal karena situasi dan kondisi yang tidak kondusif. Kemampuan komunikasi interpersonal siswa sebagian besar sudah baik, namun masih ada beberapa yang perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa nilai p-value (0,000) <α0,05, maka H0 ditolak, H1 diterima, yaitu layanan bimbingan kelompok teknik diskusi berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 3 Kota Kediri. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, jika penelitian dapat terarah dengan baik dan dalam situasi yang kondusif, maka akan memberikan hasil yang optimal. Sehingga menurut hasil penelitian ini, bimbingan kelompok teknik diskusi memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMAN 3 Kota Kediri. Dengan demikian, saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya kegiatan diskusi dilakukan dengan sebaik dan sekreatif mungkin agar maksud dan tujuan diskusi dapat tercapai.
Downloads
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Copyright (c) 2017 Ima Yusnia Anita Sari, Atrup Atrup, Nora Yuniar Setyaputri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ghozali Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jannah. 2014. Metode Diskusi (online), tersedia: http://digilib.uinsby.ac.id.htm, diunduh 20 Oktober 2016.
Mardiyati, S. 2011. Bimbingan Belajar Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Keberanian Mengemukakan Pendapat di Dalam Kelas. FKIP. UNS.
Prayitno dan Amti, E. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmat. 2013. Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Komunikasi antar-Pribadi dengan Teman Sebaya pada Siswa. (Online), tersedia: http://perpustakaan.uns.ac.id.htm, diunduh 17 Mei 2016.
Ramadan. 2013. Penerimaan Perkembangan Fisik dengan Kematangan Emosi pada Remaja Awal. Repository UPI.
Romlah, T. 2001. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sari, E. 2008. Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Biologi Kelas X MA Uswatun Hasanah Semarang. FT. Semarang.
Setiawan. 2014. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok dalam Konteks Persahabatan untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Remaja di Panti Asuhan Al-Ittihad Semowo. Skripsi Dipublikasikan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Sulistyanto, D. 2014. Upaya Meningkatkan Komunikasi Antar-Pribadi Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Metode Kegiatan Kelompok dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VIII F SMP 5 Semarang. FIP. UNNES.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarwo. 2008. Konseling Teman Sebaya (Peer Counseling) untuk Mengembangkan Resiliensi Remaja. (Online), tersedia: http://jurnal.upi.htm, diunduh 15 Mei 2016.
Suryono. 2009. Diskusi Kelompok dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Darussalam.
Tohirin. 2007. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Utomo, H.B. 2014. Hand Out Perkembangan Individu. FKIP. UNP Kediri.
Wicaksono, G. 2013. Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Multimedia SMK IKIP Surabaya. Journal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. (Online), tersedia: http://www.e-journal.unesa.htm, diunduh 11 April 2016.
Winkel, W.S., Sri Hastuti. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.