KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN GAMBAR FLANEL DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA INKLUSI SD YAMASTHO SURABAYA
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penggunaan gambar flannel dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris pada siswa inklusi SD Yamastho Surabaya. Responden berjumlah 19 siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Metode penelitian yaitu quantitative dengan t-test dari hasil pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan penggunaan gambar flanel dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris pada siswa inklusi SD Yamastho Surabaya efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa tersebut. Terbukti dari hasil perolehan nilai rerata dari 62,68 sebelum menggunakan metode menjadi 90,26 mengalami kenaikan setelah menggunakan metode pada siklus 1. Pada siklus 2, nilainya 59,47 menjadi 80,00 juga mengalami kenaikan.
Downloads
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Copyright (c) 2020 tiyas unusa, Novi Rahmania Aquariza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hill, David A. 1990. Visual Impact: Creative Language Learning through Pictures. Harlow: Longman.
Hopkins, David, & Ahtaridou, Elpida. 1993. A Teacher's Guide to Classroom Research. Buckingham: Open University.
Jannah, Nur.2015. Efektifitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Vocabulary Kelas V Mis Tanring Mata Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Sudrajat, Ahmat. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Dari https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/21/penelitian-tindakan-kelas-part-ii/
Wright, Andrew, Betteridge, David, & Buckby, Michael. 2006. Games for Language Learning. New York: Cambridge University Press.