PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS DI SDN MARGOREJO III/405 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Sikap profesional yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru yang sebenarnya. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan maupun sikap profesional dalam menjalankan fungsi sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui supervisi kunjungan kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian tindakan sekolah menunjukkan profesionalisme guru meningkat dari siklus ke siklus, pada siklus I nilai rata-rata kompetensi pedagogik guru adalah 71,09. Sedangkan pada siklus ke II nilai rata-rata profesionalisme guru adalah 77,6. Indikator ketercapaian penelitian tindakan sekolah nilai rata-rata kemampan guru dalam mengajar diatas 75 melebihi target yang ditentukan peneliti.
Downloads
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Copyright (c) 2019 susilowati susilowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Sahertian, dkk. 1982. Teknik dan Supervisi Pendidikan, Surabaya : Usaha Ofset Printing
Abidin. 1991. Supervisi Pendidikan, Bandung : Suri
Ametembun. 1981. Supervisi Pendidikan, Penuntun Bagi Para penilik, Pengawas Sekolah, kepala Sekolah, Jakarta
Depdikbud. 1989. Undang-Undang Dasar 1945, Jakarta
------------- 1990. Perpustakaan Pemerintah RI No 28 tahun 1990 Tentang Pendidikan Dasar : Sekretariat Negara
------------- 1991. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Dekdikbud
------------- 1995. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru, Jakarta
Mujiman, H. 1991. Pokok-pokok Penulisan Ilmiah, Surabaya : Widya Bhawana
Nawawi, H. 1985. Administrasi Pendidikan, Gunung Agung
Wirawan, S. 1991. Media Indonesia, Jakarta : Gramedia
Supranto. 1981. Statistik Teori dan Aplikasi II, Jakarta : Erlangga
Hadi, S. 1986. Metodologi Research IV. Yogyakarta : Yayasan Fakultas Psikologi UGM
Vrendenbreght. 1980. Metode dan Teknik Penilitian Masyarakat, Jakarta : Gramedia
Nurkancana, W. 1983. Evaluasi pendidikan, Jakarta : Usaha Nasional
Surahmad, W.1982. Metodologi Penelitian, Bandung : Tarsito