##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Aan Fardani Ubaidillah Ibrahim Bafadal Nurul Ulfatin Achmad Supriyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan karakter religius-toleran siswa muslim di sekolah multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif-korelasional. instrumen penelitian menggunakan angket yang disebarkan kepada guru dan siswa pada sampel terpilih. Hasil penelitian menunjukan bahwa, baik secara parsial maupun secara simultan, kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah berpengaruh terhadap karakter religius-toleran siswa muslim. Secara tidak langsung variabel kepemimpinan pembelajaran tidak memiliki pengaruh terhadap karakter religius-toleran siswa muslim melalui variabel kompetensi pedagogik guru PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

How to Cite
Ubaidillah, A. F., Bafadal, I., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KARAKTER RELIGIUS-TOLERAN SISWA MUSLIM DI SEKOLAH MULTIKULTURAL. Education and Human Development Journal, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i2.1209
Section
Articles
Kepemimpinan Pembelajaran, Kompetensi Pedagogik, Karakter Religius-Toleran, Sekolah Multikultural

References

Akhyak, 2005. Profil Pendidikan Sukses, Surabaya: Elkaf.
Blasé n Blasé. Effective instructional leadership Teachers' perspectives on how principals promote teaching and learning in schools. (Journal of Educational Administration. Armidale: 2000. Vol. 38, Iss. 2; pg. 130).

Danim, Sudarwan. 2010. Kepemimpinan Pendidikan; Kepemimpinan Jenius,Etika, Perilaku Motivasional Dan Emosi. Bandung: Alfabeta.
Direktur Jenderal PMPTK. 2015. Kepemimpinan Pembelajaran, Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Jakarta: Direktur Jenderal PMPTK.
Glickman, Carl D. 2002. Leadership for Learning. Virginia USA. ASCD.
Kunandar. 2007. Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Kusmintaro dan Burhanuddin. 1997. Kepemimpinan Pendidikan Bagi Kepala Sekolah. Jakarta: Depdikbud
Lunenburg, Fred C, & Irby, Beverly J. (2006). The Principalship; Vision to action. Wadsworth, Cengange learning.
Mulyasa, E.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Rosda Karya
Rosyada, Dede. 2013. Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model pelibatan Masyarakat dalam Pendidikan, jakarta: Prenada Media.
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sarimaya, Farida. 2008. Sertifikasi Guru. Bandung: CV. Yrama Widya
Sergiovanni, Thomas J, McCarthy, Martha M, Fowler, Frances C. (2009) Educational Governance and Adiminstration. USA, Pearson Education, Inc.
Sudjiono, Anas. 1995. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suhardan, Dadan.2010. Supervisi Professional; Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.

Aan Fardani Ubaidillah, Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Ibrahim Bafadal

Nurul Ulfatin

Achmad Supriyanto