ANALISIS KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA TERHADAP KONSEP BIOLOGI DASAR

Authors

  • Agung Wibowo Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i1.1085

Keywords:

literasi sains, nominal, fungsional, prosedural & multidimensional

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan kemampuan awal literasi sains pada mahasiswa tingkat awal. Pengukuran kemampuan literasi sains yang disusun mengacu pada kompetensi Problem Solving dan Decision Making. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 15 mahasiswa jurusan S1 Pendidikan Biologi Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan. Instrumen penelitian menggunakan soal uraian berdasarkan skala literasi yang dikembangkan oleh Bybee (1997). Data hasil penelitian dikumpulkan dari hasil penskoran jawaban mahasiswa terhadap masalah yang diajukan secara tertulis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi sains mahasiswa terhadap konsep biologi dasar untuk kedua kompetensi didominasi kategori nominal dengan rentang persentase 62%- 80%, sebagian kecil pada kategori fungsional sebesar 13% - 34 %. Pada kategori konseptual berada pada rentang 4% - 7% dan multidimensional sebesar 0%. Hasil yang diperoleh sesuai dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa kemampuan literasi sains sebagian besar berada pada tingkatan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-02

How to Cite

Wibowo, A. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA TERHADAP KONSEP BIOLOGI DASAR. Education and Human Development Journal, 4(1), 72–79. https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i1.1085