PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD ALISLAH SURABAYA
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA melalui penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament pada siswa kelas V-A SD Al-Islah Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Untuk desain penelitiannya yaitu One Group Pretest-Posttest. Di dalam penelitian ini pembelajaran dilakukan dalam satu kali pertemuan dengan waktu 4x35 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Untuk menentukan perangkat pembelajaran layak digunakan atau tidak, maka perangkat pembelajaran dilakukan validasi oleh pakar kemudian didapatkan hasil yang akan dihitung menggunakan percentage of aggremant. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t-test yang digunakan untuk melihat seberapa besar pengaruh ```model pembelajaran Team Games Tournament terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament terhadap berpikir kreatif siswa diperoleh nilai correlation (nilai korelasi) sebesar 0.659 artinya memiliki hubungan kuat dan positif atau sangat berpengaruh terhadap berpikir kreatif siswa. Sedangkan untuk nilai correlation (nilai korelasi) hasil belajar (kognitif) siswa sebesar 0.756, artinya model pembelajaran Team Games Tournament memiliki hubungan kuat dan positif atau sangat berpengaruh terhadap hasil belajar (kognitif) siswa. Sehingga dari penelitian ini dapat di ambil simpulan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament dapat mempengaruhi berpikir kreatif dan hasil belajar (kognitif) siswa.
Downloads
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Copyright (c) 2019 Nurul Khikmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.