PENANGKAPAN IDE BACAAN SISWA SMP LABSCHOOL UNESA KETINTANG SURABAYA PASCA GERAKAN LITERASI

Authors

  • Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i1.1081

Keywords:

Literasi, penangkapan ide bacaan

Abstract

Pencanangan Surabaya Kota Literasi telah dilakukan Walikota Surabaya pada 2 Mei 2014. Pencanangan Kota Literasi berlanjut pada setiap sekolah-sekolah yang ada di Surabaya. Pengejawatahannya kegiatan literasi dilakukan limabelas menit setiap pagi sebelum pelajaran dimulai. Untuk mengetahui adakah dampak dari pelaksanaan literasi terhadap penangkapan ide bacaan siswa dan bagaimanakah tanggapan siswa terhadap pelaksanaan literasi tersebut, diadakan penelitian untuk melihat tingkat penangkapan ide bacaan dengan menggunakan metode bacaan rumpang, sedangkan tanggapan siswa terhadapat pelaksanaan dengan menggunakan wawancara maupun angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan literasi menghasilkan tingkat ide bacaan para siswa sangat baik dan tanggapan siswa tentang pelaksanaan literasi sangat positif. Kekurangan adalah bahan bacaan yang kurang bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-02

How to Cite

Hidayat, T. (2019). PENANGKAPAN IDE BACAAN SISWA SMP LABSCHOOL UNESA KETINTANG SURABAYA PASCA GERAKAN LITERASI. Education and Human Development Journal, 4(1), 25–33. https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i1.1081