Pemanfaatan Expert System Untuk Penentuan Kegawatdaruratan Pasien Balita Di IGD

Authors

  • Andik Jatmiko Sekolah Tinggi Teknik Surabaya
  • Joan Santoso Sekolah Tinggi Teknik Surabaya
  • Hendrawan Armanto Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/atcsj.v1i2.854

Keywords:

Sistem pakar, Backward chaining, Penentuan kegawatan balita

Abstract

Triage merupakan suatu suatu prosedur yang dilakukan petugas di instalasi gawat darurat untuk menentukan tingkat kegawatan pasien, dalam hal ini seorang petugas medis senior yang di tunjuk bertugas memilah dan menentukan urutan pasien yang terlebih dahulu dilayani. Namun kenyataan di lapangan tidak semua petugas menguasai keahlian dalam menentukan tingkat kegawatan pasien. Kurangnya petugas senior yang mempunyai keahlian tersebut berakibat kecepatan pelayanan kurang maksimal, terlebih kasus balita yang mana merupakan kasus yang memerlukan perhatian khusus karena sistem kekebalaan dan daya tahan tubuhnya belum terbentuk sempurna. Dari beberapa faktor tersebut penulis ingin melalukan pemanfaatan expert system untuk penentuan kegawatdaruratan pasien balita di IGD Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Pemanfaatan sistem pakar ini dilakukan dengan menggunakan mesin inferensi backward chaining yang artinya proses pencarian dimulai dari fakta-fakta untuk selanjutnya menuju pada suatu kesimpulan. Manfaat penelitian ini adalah untuk meringankan kerja petugas medis dan bagi keluarga pasien dalam mengakses informasi tentang tingkat kegawatan pasien. Dalam implementasinya menggunakan metode backward chaining dengan menggunakan DBMS MySQL dan bahasa pemograman PHP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Bill Brandon. Learning Developers Journal. The Power of Backward Chaining. 2003.
[2] Fetty Nurlaela. Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Penyakit Gigi Pada Manusia. Speed Journal. 2013; 10(4).
[3] Hartati, Iswanti. Sistem pakar dan pengembangannya. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta. 2008.
[4] Kusumadewi, Sri. Artificial Intelleligence. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta. 2003.
[5] Latumakulita, Luther dkk. Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Ginjal. Jurnal Ilmiah Sains. 2011; 11(1).
[6] Mardi Turnip. Sistem Pakar diagnosa penyakit THT mengunakan metode backward chaining. Riau Journal of Computer Science. 2015; 1(1).
[7] Mukhlis ramadhan. Sistem pakar dalam mengidentifikasi penyakit kanker pada anak sejak dini dan cara penangulangannya. Jurnal Saintikom. 2011; 10(2).
[8] Nida, Ul Hasanati, Dinda fitriasari. Rancang Bangun Sistem Pakar Berbasis WEB untuk Mendiagnosis Jenis Burung Air: Waterbird Exsys. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi. 2012; 1(3).
[9] Nur Ainiyah. The Factors Associated with The Triage Implementation in Emergency Department. Jurnal Ners. 2003; 10(1).
[10] William Yip Ching-ling. A Practical Manual on Acute Paediatrics. Departemen of Paedriatics. Nasional University of Singapore. 1993.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Jatmiko, A., Santoso, J., & Armanto, H. (2018). Pemanfaatan Expert System Untuk Penentuan Kegawatdaruratan Pasien Balita Di IGD. Applied Technology and Computing Science Journal, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.33086/atcsj.v1i2.854

Issue

Section

Articles