PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PTS X SURABAYA

  • Rachma Rizqina Mardhotillah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Reizano Amri Rasyid Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Perguruan Tinggi (PT) X merupakan merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang terletak di Surabaya. Supaya eksistensi dan kualitas yang dimiliki terjamin, PTS X harus menjalankan riset terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa-mahasiswi di Universitas X di Surabaya. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kulitas pelayanan dengan indikator Tangible, Reliability, Responsivenes, Assurance, Empathy, dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan mahasiswa-mahasiswi di Universitas X di Surabaya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei, dimana peneliti yang menganalisis dengan angka-angka yang diperoleh dari hasil survey dalam bentuk menyebarkan kuesioner kepada para responden. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi PTS.X di Surabaya sebanyak 200 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini non-probability sampling dengan menggunakan teknik Quota sampling.

Hasil analisi menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan dengan indikator Tangible berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Kualitas Pelayanan dengan indikator Realibility berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Kualitas Pelayanan dengan indikator Responsives berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Kualitas Pelayanan dengan indikator Assurance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa. Kualitas Pelayanan dengan indikator Empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas X di Surabaya.

References

Jain, S., et al., 2011. The Role of Calcium, Magnesium, and Zinc in Preeclampsia. An Abstract. Biological Trace Element Research, 133(2): 162-167.
Kotler, Philip (2006:105). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Phillip. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta; Erlangga
Mahfud Sholihin dan Dwi Ratmono. (2013). Analisis SEMPLS dengan WarpPLS 3.0 Untuk Hubungan No-Linier dalam Penelitian Sosial Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Mayasari, Rika. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan SIAKAD Terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung
Niswati. 2016. Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alaudin Makasar
Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing.Vol 64 (1) pp 12-37
Parasuraman, Et, al., (1988), Zeithmal and Bitner (1996), Konsep dan Teknik Pengukuran Kualitas Produk Jasa, Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol 4, No I.
Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.
Published
2019-12-29
How to Cite
Mardhotillah, R. R., & Rasyid, R. A. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PTS X SURABAYA. Accounting and Management Journal, 3(2), 105-112. https://doi.org/10.33086/amj.v3i2.1436