PERBEDAAN METODE PRICING, KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PASAR TRADISIONAL

Authors

  • Donny Arif Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Nikma Yucha Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Ratna Ekasari Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Wulan Purnamasari Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.33086/amj.v3i2.1407

Keywords:

Effect of Perceived Price, Product Diversity, Location on Customer Satisfaction, Traditional Market

Abstract

Pasar tradisional merupakan salah satu titik kumpul perekonomian masyarakat. Sedangkan pasar tradisional identik dengan kumuh, bau, kotor dan sebagainya. Perlunya strategi pengembangan pasar tradisional agar pasar tradisional tetap menjadi pilihan pembeli untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pengembangan pasar memang tidaklah mudah, revitalisasi pasar memakan biaya yang tinggi. Pasar yang ingin berkembang dengan bantuan pemerintah melalui kebijakan revitalisasi pasar hendaknya tidak hanya menghasilkan kemajuan yang tampaknya nyaman secara fisik. Jenis penelitian dalam penulisan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian dengan melakukan pengamatan tentang suatu fenomena dalam  keadaan ilmiah. Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode pengumpulan dengan observasi, wawancara dan kuesioner.

Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pasar Krisna Madubronto Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi harga, keberagaman produk, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Pasar digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fure, Hendra. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Ttradisional Bersehati Calaca. Jurnal Manajemen. FE-Universitas Sam Ratulangi, Manado.
Kotler, Philip and Kevein Lane Keller. (2009). Marketing Management. 13th ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Swasta, Basu dan Irawan (2003). Manajemen Pemasaran Modern Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.
Tedjakusuma, Hartini,dan Muryani. (2008). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Air Minum Mineral di Kotamadya Surabaya. Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.
Zeithmal and Bitner ,(2000). Service Marketing Integrating Customer Focus Across The Firm, Second Edition Hill. New York : McGraw.

Downloads

Published

2019-12-29

How to Cite

Arif, D., Yucha, N., Ekasari, R., & Purnamasari, W. . (2019). PERBEDAAN METODE PRICING, KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PASAR TRADISIONAL. Accounting and Management Journal, 3(2), 85–94. https://doi.org/10.33086/amj.v3i2.1407