SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENDAPATAN DENGAN METODE POSTING LANGSUNG

(Studi Kasus: Toko Oong)

Authors

  • Marsani Asfi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer CIC Cirebon
  • Suwandi Suwandi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer CIC Cirebon
  • Paulina Heriadi Setiadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer CIC Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.33086/amj.v3i2.1406

Keywords:

Revenue Cycle, Cash Receipts, Direct Posting, Receivables

Abstract

Siklus Pendapatan adalah proses untuk menyediakan barang atau jasa kepada pelanggan dan merubah barang atau jasa tersebut menjadi penerimaan kas. Penerimaan kas perusahaan berasal dari dua sumber utama yaitu penerimaan kas dari penjualan tunai dan penerimaan kas dari penagihan piutang.

Toko OONG merupakan salah satu toko yang pendapatannya berasal dari penjualan tunai dan penagihan piutang. Toko OONG bergerak di bidang perdagangan. Toko OONG berdiri tahun 1990 oleh Alm. Oong Effendy beserta istrinya, Nani Hidayati. Pada tahun 2018, Toko OONG dijalankan oleh Nani Hidayati. Toko OONG menjual berbagai jenis sembako seperti sabun, kopi, indomie, terigu, dan kebutuhan pokok lainnya. Toko ini melayani penjualan tunai dan penjualan kredit. Untuk pelanggan yang melakukan kredit hanya untuk daerah sekitar toko.

Penelitian ini menggunakan metode posting langsung, dimana nota penjualan kredit akan diposting secara harian ke dalam kartu piutang dan pernyataan piutang sebagai tembusannya.

Pembuatan aplikasi diawali dengan tahap analisis dan perancangan sistem yang akan digunakan untuk perancangan dan pembuatan aplikasi dengan metode posting langsung ke dalam kartu piutang dan pernyataan piutang. Hasil akhir dari pembuatan aplikasi ini adalah kartu piutang, pernyataan piutang, jurnal penerimaan kas, jurnal penjualan dan buku besar yang akan digunakan oleh pemilik untuk mengetahui jumlah pendapatan toko dilihat dari penerimaan kas penjualan tunai maupun penerimaan kas penagihan piutang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-29

How to Cite

Asfi, M., Suwandi, S., & Setiadi, P. H. (2019). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENDAPATAN DENGAN METODE POSTING LANGSUNG : (Studi Kasus: Toko Oong). Accounting and Management Journal, 3(2), 77-84. https://doi.org/10.33086/amj.v3i2.1406