PERBANDINGAN LOGO, WARNA DAN KEMASAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK

STUDI PADA EXPO DI UNIVERSITAS NEGERI MATARAM, NTB

  • Reizano Amri Rasyid
Keywords: Kemasan Produk, Penjualan Produk

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih seperti sekarang ini, menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi sebuah produk, keadaan tersebut memunculkan persaingan yang semakin ketat. Strategi persaingan agar tetap eksis dan berkembang yaitu dengan memperhatikan Logo, Warna dan Kemasan pada produk tersebut. Perusahaan memerlukan umpan balik dari konsumen untuk melihat seberapa baik logo yang dilakukan, serta apa yang dipikirkan konsumen ketika mereka melihat logo, warna dan kemasan tersebut. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah Pengaruh Logo, Warna dan Kemasan Terhadap Penjualan Suatu Produk Pada Expo Produk UKM di UNRAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh logo, warna dan kemasan terhadap penjualan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pengaruh logo, warna dan kemasan terhadap penjualan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan metode non probability. Sampel yang diambil 100 responden pelanggan Expo UNRAM. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana.

References

Alshebil, Saleh Abdul Aziz. ( 2007). Consumer Perception of Rebranding: The

Case of Logo Changes. Arlington:The Universityof Texas.

Arikunto, Suharsimi.(2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta.Rineka Cipta.

Ferrinadewi,Erna. (2008). Merek dan psikologi konsumen.Yogyakarta. Graha ilmu.

Herlianto, Fitri Endi. (2010). Analisis strategi bersaing Telkom dalam internet.

Jakarta.Thesis

Kertajaya, Hermawan (2007). Herwaman Kertajaya on brand. Bandung : PT Mizan Pustaka

Kotler,Philip.(2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Edisi Milenium.Prenhalido. Kotler, Philip.(2005). Dasar-dasar Pemasaran .Jilid 2, Jakarta.Indeks Media Gramedia.

Kotler,Philip.(2009).Manajemen Pemasaran.Edisi 13. Jakarta. Erlangga.

M. Nafarin. (2009) Penganggaran Perusahaan. Jakarta. Salemba Empat.

Nazir,Mohammad.(2003). Metodologi Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Pietra, Sarosa.(2006).Pengaruh faktor dukungan dari franchisor, Alasan ekonomis, Pemasaran, dan pribadi pada keputusan memilih format dan merek franchise. Tesis FE UI .Depok.

Rangkuti, Freddy.(2004). The Power of Brands. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.

S.A, Surachman, (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek. Malang : Bayu Media Publishing.

Sekaran, U.(2006). Research Method For Business : Metodologi Penelitian Untuk

Bisnis. Buku 2. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Shimp,Terence, A. (2003). Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu. Alih bahasa :Revyani Syahrial dan Dyah Anikasari. Jakarta : Erlangga.

Soomro, Yasir Ali; Shakoor, Rehan. (2011). Impact of Logo on Consumer Perceptionof a Company. Interdiscipline Journal of Contemporary Research in BusinessVol 3. No.7. Page 194-201Umar, Husein. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutisna.(2001). Perilaku konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosda Karya.

Tjiptono, Fandy. (2005). Brand Management & Strategy. Yogyakarta. Andi.

UU Merek No.15 Tahun 2001 pasal 1 ayat 1

Umar, Husein.(2002).Metode Penelitian, Dalam aplikasi pemasaran. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Walsh, Mich Franc. (2005). Consumer Response to Logo Shape Redesign: Influenceof Brand Commitment. Dissertation. University of Pitsburgh.

Published
2019-07-31
How to Cite
Rasyid, R. A. (2019). PERBANDINGAN LOGO, WARNA DAN KEMASAN TERHADAP PENJUALAN PRODUK. Accounting and Management Journal, 3(1), 51-56. https://doi.org/10.33086/amj.v3i1.1191
Section
Articles