Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

  • Tegowati Tegowati
Keywords: Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi, Layanan Purna Jual, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh desain produk, kualitas produk, promosi dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian konsumen. Sampel yang digunakan yaitu pengguna smartphone Samsung sebanyak 100 yang berlokasi di mall Plaza Marina Surabaya. Teknik Samplingnya menggunakan nonprobability sampling, yaitu accidental sampling. Teknik data menggunakan Structural Analysis Modelling (SEM) dengan software AMOS 22. Berdasarkan pembahasan terhadap hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, maka kesimpulannya adalah sebagai berikut: 1) Tidak terdapat pengaruh positif antara desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini disimpulkan berdasarkan output koefisien parameter yang TIDAK SIGNIFIKAN pada 0,001 (p = 0,130) dengan standardized koefisien parameter sebesar -0,389. 2) Tidak terdapat pengaruh layanan purna jual terhadap keputusan pembelian. Hal ini disimpulkan berdasarkan output koefisien parameter yang TIDAK SIGNIFIKAN pada 0,001 (p = 0,681) dan nilai standardized koefisien parameter sebesar -0,098. 3) Terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Kesimpulan ini berdasarkan nilai standardized koefisien parameter sebesar 0,740 dengan nilai p yang SIGNIFIKAN yaitu p 0,001 (p = ***). 4) Tidak terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. kesimpulan ini berdasarkan output koefisien parameter yang TIDAK SIGNIFIKAN pada 0,001 (p = 0,012) dan nilai standardized koefisien parameter sebesar 0,676.

References

Achidah, N., M. M. Warso, L. B. Hasiolan. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT di Weleri-Kendal). Journal Of Management. 2(2).

Dewi, M. 2016. Pengaruh Produk, Harga dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Toko Langsa Ponsel. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1): 449-458.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Isaac, L.O., S.A., Adeyemo, P.O., Ogunleye. 2013. Impact Of After Sales Service On Consumer Satisfaction And Retention. A Study of LG Electronics in Ibadan, Nigeria. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM) 11(4):54-58.

Kotler, P., dan K.L., Keller. 2009a. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1, Erlangga. Jakarta.

……………………………... 2009b. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2, Erlangga. Jakarta.

Lokas .T., A. L. Tumbel, M. M. Karuntu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Vixion (Studi Kasus Pada PT. Hasjrat Abadi Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16(04): 819-832.

Mahmud dan E. A. Alfianto. 2014. Pengaruh Desain Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Yamaha Merek New V-Ixion Fi (Full Injection). Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Yamaha Merek New V-Ixion Fi (Full Injection). Jurnal Sketsa Bisnis.1.

Modi, S. and T. Jhulka. 2012. Impact Of Promotional Schemes On Buying Decisions Of A Consumer. International Journal of Sales & Marketing Management Research and Development. (IJSMMRD), 2(2): 40-48.

Putra, G.P., Z. Arifin Dan Sunarti. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 48(1): 124-131.

Saidani, B., M. A. Rachman dan M. Rizan. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 4(2):201-217.

Schiffman, G.L. dan L.L. Kanuk, 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. PT. Indeks. Jakarta.

Simamora, V. dan E. Kusmiyati. 2017. Pengaruh Desain Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Teh Botol Sosro Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Utara). Jurnal Online Internasional & Nasional Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. 20(1):43-54.

Victoria, D., E. Ruswanti, dan Farichah. 2014. Pengaruh Pelayanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Surya Toto Indonesia Tbk. Journal of Business and Banking, 4(2): 153–164.

Wiyono, G. 2011. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS. 17.0 & Smart PLS 2.0. STIM YKPM. Yogyakarta.

https://tekno.kompas.com/read/2017/11/23/08410067/daftar-5-besar-merek smartphone-di-indonesia (diakses januari 2018)

Published
2019-07-31
How to Cite
Tegowati, T. (2019). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Accounting and Management Journal, 3(1), 23-36. https://doi.org/10.33086/amj.v3i1.1188
Section
Articles