Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

FOCUS AND SCOPE

Journal of Indonesian Medical Laboratory and Science (JoIMedLabS) merupakan jurnal milik AIPTLMI (Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Teknologi Laboratorium Medik Indonesia) yang dapat diakses secara terbuka (open acces) yang berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan Teknologi Laboratorium Medik (TLM) dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pemikiran dan penelitian di bidang laboratorium kesehatan. Topik yang diangkat meliputi hematologi, kimia klinik, imunoserologi, imunohematologi, sitohitoteknologi, bakteriologi, mikologi, parasitologi, dan toksikologi klinik.

JoIMedLabS didedikasikan untuk menerbitkan penelitian asli dan semua naskah yang masuk akan ditinjau dengan ketentuan belum pernah di publikasikan atau sedang diajukan publikasi di tempat lain. Selain itu penelitian harus memuat informasi terbaru di bidang TLM.

 

PEER REVIEW PROCESS

Semua naskah yang diterima JoIMedLabS akan di pilih dan di tinjau secara ganda oleh dua reviewer agar didapat naskah yang memiliki judul yang sesuai, konten yang tepat, abstrak yang mampu menggambarkan naskah, penulisan singkat, tujuan yang jelas, metodologi penelitian yang tepat, gambar dan tabel yang sesuai.

Reviewer dipilih dari daftar peer-revewer berdasarkan bidang yang sesuai dengan topik penelitian. Proses reviewer memakan waktu sekitar 2 sampai 3 bulan tergantung pada kecukupan informasi yang diberikan. Semua proses reviewer dilakukan menggunakan OJS.

 

FREKUENSI PUBLIKASI

JoIMedLabS diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu bulan Mei dan November.

 

KEBIJAKAN AKSES TERBUKA

JoIMedLabS menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya, pengelola berprinsip bahwa hasil penelitian harus di informasikan seluas-luasnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan pertukaran informasi ilmiah. Oleh karena itu pembaca diperbolehkan membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari atau menautkan secara gratis tanpa perlu meminta izin terlebih dahulu kepada penerbit dan penulis.

 

PENGARSIPAN

JoIMedLabS menggunakan pengarsipan dengan sistem LOCKSS, sehingga naskah tersusun raih dan tersimpan dengan aman.

 

KEBIJAKAN SCREENING PLAGIARISME

Semua naskah yang diserahkan ke JoIMedLabS akan dilakukan pemeriksaan plagiarisme. Naskah yang didapat plagiarisme, akan di tolak dan author akan masuk daftar black list JoIMedLabS dengan tidak menerima naskahnya pada JoIMedLabS selama 5 tahun.

 

PERNYATAAN PRIVASI

Nama dan alamat email yang dimasukan di situs jurnal ini akan digunaan sebagaimana mestinya untuk keperluan jurnal dan tidak akan disebarluaskan untuk tujuan lain atau pihak lain.

 

ETIKA PUBLIKASI

ETIKA UNTUK DIPERTIMBANGKAN SAAT PUBLIKASI

  1. PENULIS JURNAL. Penulis jurnal yaitu mereka yang memiliki kontribusi dalam penyusunan jurnal mulai dari tahap awal penelitian sampai publikasi hasil penelitian. Mereka berkontribusi dalam konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan.
  2. Orisinalitas dan Plagiarisme. Penulis wajib memastikan bahwa naskah adalah hasil karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, bahwa ini merupakan kutipan serta penggunaan kutipan harus jelas dan dikutip dengan tepat.
  3. Akses dan penyimpanan data. Penulis wajib mengirimkan atau memberikan data mentah jika dibutuhkan untuk keperluan tinjauan editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik pada data tersebut.
  4. Publikasi Ganda. Penulis tidak dapat menerbitkan jurnal pada kami jika jurnal tersebut telah diterbitkan sebelumnya di tempat yang lain.
  5. Pengakuan wajib diberikan bagi siapa saja yang berkontribusi dalam penyusunan karya ilmiah (misalkan sumber dana penelitian, ide penelitian, dll).
  6. Konflik kepentingan. Semua pengajuan harus mencakup pengungkapan semua hubungan yang dapat dipandang sebagai potensi konflik kepentingan.
  7. Kesalahan Mendasar dalam jurnal yang diterbitkan. Penulis yang menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karya ilmiahnya wajib segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah.
  8. Bahan Berbahaya dan Subjek Manusia atau Hewan. Pernyataan kepatuhan diperlukan jika penelitian melibatkan bahan kimia, prosedur, atau peralatan yang memiliki bahaya luar biasa dalam penggunaannya, atau jika melibatkan penggunaan subjek manusia atau hewan.
  9. Penggunaan data pasien atau detail kasus. Studi pada pasien atau sukarelawan memerlukan persetujuan komite etika dan informed consent, yang harus didokumentasikan dalam naskah.

 

BIAYA SUBMISSION DAN PUBLIKSI

Pengiriman, penelaahan dan publikasi naskah di jurnal JoIMedLabS, dikenakan biaya sebesar xxx,-

 

SUBMISSIONS

Online Submussions

Penulis dapat menyerahkan naskah secara elektronik melalui situs web pengajuan “https://journal2.unusa.ac.id/index.php/JoIMedLabS/about/submissions”. Situs ini akan memandu penulis secara bertahap melalui untuk proses pengajuan naskah. Penulis diminta untuk mengirimkan teks, tabel, dan gambar dalam bentuk elektronik dengan format word ke alamat ini. Penulis yang memiliki kendala lain dalam pengiriman online harus menghubungi Editor melalui email dan nomor telepon yang tertera dalam kontak pada halaman web ini.

 

Author Guidelines

Pengajuan manuskrip wajib menggunakan style Vancouver. Manuskrip diketik menggunakan Microsoft word dengan ukuran kertas A4, rata kiri – kanan, margin kiri kanan dan atas bawah adalah 3 cm.

Manuskrip yang dikirimkan harus sesuai dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

  1. Judul naskah dituliskan menggunakan font Trebuchet MS uk. 16, Align Left, tanpa akronim.
  2. Nama penulis ditulis menggunakan font Trebuchet MS uk. 10, Align Left, tanpa akronim, serta tanpa gelar.
  3. Institusi asal penulis (afiliasi) ditulis menggunakan font Trebuchet MS uk. 10, Align Left, tanpa akronim.
  4. Spasi
    1. Judul naskah sampai bagian afiliasi menggunakan spasi single
    2. Jarak bagian afiliasi dan Abstrak menggunakan spasi 1,5
    3. Abstrak sampai keyword menggunakan spasi single
    4. Jarak spasi keywords sampai bagian pendahuluan menggunakan spasi 1,5
    5. Jarak Spasi Pendahuluan sampai bagian ucapan terima kasih menggunakan spasi 1,5
  5. Abstrak menggambarkan dan berisikan ringkasan penelitian yang telah diselesaikan. Abstrak dituliskan menggunakan Bahasa inggris, huruf Trebuchet MS ukuran 10, spasi single, secara singkat dan jelas dengan maksimal 200 kata. Berupa 1 buah paragraph justify tanpa alinea. Di dalam abstrak terdapat latar belakang, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan.
  6. Bagian pendahuluan sampai ucapan terima kasih menggunakan paragraph dengan alignment Justify, spasi 1,5 line, Trebuchet MS Ukuran 12.
  7. Manager reference seperti mendeley digunakan dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka wajib menggunakan dengan style American Psychological Association (APA). Apabila ada kata yang bukan berasal dari Bahasa Indonesia maka harus dicetak miring.
  8. Pendahuluan ditulis secara ilmiah dan alasan yang dilengkapi dengan data – data yang relevan dan terbaru (refrensi paling lama maksimal 10 tahun) untuk penelitian yang dilakukan. Pendahuluan harus mengungkapkan secara jelas latar belakang permasalahan, pernyataan/rumusan masalah dinyatakan secara jelas, literature yang relevan, menyampaikan perbedaan dengan penelitian yang sebelumnya pernah/mirip dilakukan oleh peneliti lain. Latar belakang permasalahan yang dimunculkan dapat dipahami secara ilmiah.
  9. Bahan dan Metode dibuat terpisah. Bahan berisikan detail bahan, spesimen, reagen, sampel, atau populasi yang digunakan pada penelitian. Metode berisikan detail tahapn dan prosedur penelitan, metode pengukuran, metode pemeriksaan, metode analisis data yang digunakan pada manuskrip yang diajukan.
  10. Hasil penelitian dicantumkan dapat berupa gambar, table atau narasi dengan penjelasan atau deksripsi yang jelas. Gambar dan tabel yang diambil dari jurnal, buku atau lainnya, harus ditulis sumber pengambilannya.
  11. Kesimpulan berisi jawaban dari tujuan penelitian dan dituliskan secara ringkas dan jelas.
  12. Ucapan terimakasih berisi orang atau lembaga yang berkontribusi dalam penelitian atau penyusunan naskah.
  13. Daftar pustaka berasal dari buku, jurnal dan proseding dengan persentase 80% pustaka berasal dari jurnal atau buku. Seluruh sitasi yang dirujuk di dalam naskah harus tertulis semua di dalam daftar pustaka. Minimal literature yang digunakan dalam naskah adalah dalam rentang waktu 10 tahun saat penelitian dilakukan. Manager reference mendeley digunakan dalam penulisan daftar pustaka dengan style American Psychological Association (APA).

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.